Jambi (ANTARA Jambi) - Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, kini memiliki pusat peraga ilmu pengetahuan dan teknologi atau "Science Centre" sebagai upaya pemerintah meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di daerah itu.
 
"Fasilitas 'Sabak Science Centre' yang diresmikan ini merupakan satu-satunya pusat peraga Iptek di Provinsi Jambi," kata Bupati Tanjung Jabung Timur H Zumi Zola Zulkifli di Muarasabak, ibu kota Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jumat.

Dengan adanya  "Science Centre" tersebut , kata dia, menjadi  kebanggan bagi Kabupaten Tanjung Jabung Timur karena di fasilitas itu merupakan yang ke 16 di Indonesia, atau ke empat di Pulau Sumatera, dan satu-satunya di Provinsi Jambi.

"Harapan kita tentunya kehadiran fasilitas itu  merupakan  bagian penting dalam pencapaian visi dan misi Pemkab Tanjung Jabung Timur di bidang pendidikan dan peningkatan SDM," kata Zumi Zola menambahkan.

Dengan diluncurkannya  pusat peraga "Science Centre" tersebut, diharapkan  dapat menambah wawasan bagi para siswa di  kabupaten yang terletak di pantai timur pulau Sumatera dan  berbatasan langsung dengan Propinsi Kepulauan Riau.

"Kalau selama ini  siswa hanya belajar dikelas dengan buku dan teori-teori. Tapi dengan adanya 'Science Centre' ini mereka dimungkinkan untuk dapat mengaplikasikan dan mempraktekkan teori-teori yang didapatkan, terutama dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi, salah satunya terkait listrik," kata Zumi Zola.

Ia juga menyatakan, fasilitas yang dibangun Pemkab Tanjung Jabung Timur itu tidak hanya dimanfaatkan para pelajar dari daerahnya, namun  terbuka juga bagi semua siswa dari kabupaten dan  kota lainnya di Provinsi jambi.

"Kita akan membuat langkah-langkah untuk memeperkenalkan 'Sabak Science Centre' ini tidak hanya dimanfaatkan untuk pembelajaran bagi generasi di Tanjung Jabung Timur, tapi juga pelajar kabupaten dan kota lainnya di Jambi, sehingga harapan peningkatan kualitas SDM Jambi bisa terwujud," kata bupati.

Letak Tanjung Jabung Timur sangat strategis karena merupakan daerah hinterland segitiga pertumbuhan ekonomi Singapura-Batam-Johor (SIBAJO). (Ant)

Pewarta: Azhari

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015