Jambi (ANTARA Jambi) - Gubernur Jambi Hasan Basri Agus mengatakan, pembangunan jalan di kawasan sentra produksi pertanian merupakan  salah satu upaya pemerintah mewujudkan swasembada pangan di provinsi ini.

"Pembangunan jalan sentra produksi pertanian juga diharapkan bisa membantu petani dalam mengangkut hasil pertanian," katanya usai menghadiri Hari Krida Pertanian ke-43 Tingkat Provinsi Jambi di Kabupaten Sarolangun, Senin.

Untuk itu gubernur meminta kepada seluruh pemangku kepentingan sektor pertanian di Provinsi Jambi supaya betul-betul berupaya maksimal guna mewujudkan swasembada pangan.

Gubernur menjelaskan, kedaulatan pangan dicerminkan pada kekuatan untuk mengatur masalah pangan secara mandiri, yang perlu didukung dengan ketahanan pangan.

Terutama, katanya menjelaskan kemampuan mencukupi pangan dari produksi dalam negeri, pengaturan kebijakan yang dirumuskan dan ditentukan oleh bangsa sendiri dan mampu melindungi serta menyejahterakan pelaku utama pangan, terutama petani dan nelayan.

"Salah satu sasaran kedaulatan pangan adalah peningkatan ketersediaan pangan yang bersumber/produksi dalam negeri," kata Hasan Basri Agus menjelaskan.

Pemprov Jambi katanya telah menjadikan swasembada pangan sebagai prioritas dalam pembangunan, dengan langkah strategis yang diambil dalam percepatan pencapaian tujuan program pembangunan.

Langkah itu antara lain dilakukan melalui peningkatan kesejahteraan petani yang didukung melalui peningkatan jalan produksi dan irigasi, penyediaan bibit unggul yang baik, pengadaan pupuk dan pemberian penyuluhan yang intensif.

"Saya mengajak seluruh insan pertanian untuk senantiasa mampu bekerja keras dalam rangka mensukseskan program pangan ini," kata Hasan Basri.

Gubernur juga mengatakan, demi pencapaian swasembada pangan, Pemerintah Pusat telah menggelontorkan berbagai bantuan seperti benih unggul, pupuk dan sarana produksi lainnya.

Bantuan-bantuan tersebut lanjutnya, harus dimanfaatkan seoptimal mungkin dengan memberdayakan petani sebagai pelaksana pembangunan pertanian, meningkatkan bimbingan dan pengawalan dari penyuluh pertanian, dan pengawasan serta pembinaan dari instansi berwenang.

Pada kesempatan itu, gubernur memberikan penghargaan kepada para pemenang lomba pertanian tingkat Provinsi Jambi. Selain itu, gubernur juga menyerahkan berbagai bantuan pertanian kepada kabupaten/kota se Provinsi Jambi. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015