Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Provinsi Jambi berencana akan menggandeng para seniman Jambi untuk mengembangkan ekonomi kreatif di Jambi.

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Ridham Priskap, Rabu, mengakui bahwa selama ini industri kreatif di Jambi masih kurang berkembang. Untuk itu perlu ada terobosan.

Dengan adanya wadah Dewan Kesenian Jambi (DKJ), pihaknya berharap para pelaku seni di Jambi bisa bersinergi membangun bersama serta  memberikan masukan dan saran kepada pemerintah dalam mengembangkan ekonomi kreatif.

"Jadi para seniman di bawah wadah DKJ ini akan kita dukung penuh, dan nanti juga akan kita ajak bersama-sama bagaimana cara melakukan pembinaan kepada pelaku industri ekonomi kreatif," kata Ridham usai membuka Musyawarah Besar DKJ, di Taman Budaya Jambi.

Selain bisa memberi masukan dalam mengembangkan di sektor ekonomi kreatif itu. Ridham berharap para pelaku seni tersebut bisa menggali serta mengembangkan pariwisata dan budaya di Jambi.

"Ini tugas kita semua antara DKJ dan pemerintah serta masyarakat, bagaimana kearifan lokal itu harus berkembang dan dipertahankan dan ini kalau sudah berkembang tentunya akan menjadi potensi untuk Jambi kedepannya," katanya menjelaskan.

Kata Ridham, dengan kemampuan APBD  yang ada, tentunya Pemprov Jambi mendukung seluruh kegiatan seni di Jambi dengan menyalurkan kucuran dana APBD melalui Disbudpar Provinsi Jambi.

"DKJ ini kan sifatnya bukan instansi pemerintah, jadi kita tidak bisa langsung menyalurkan dana itu, tapi harus melalui Disbudpar dan nanti Disbudpar yang akan memback-up semua kegiatan seni di Jambi," katanya. (Ant)

Pewarta: Gressi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015