Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Provinsi Jambi komitmen meningkatkan arus kunjungan wisatawan dengan menggelar berbagai kegiatan kepariwisataan berskala besar di daerah itu.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi Dendy Denmark di Jambi, Sabtu, mengatakan untuk beberapa bulan mendatang ada dua event besar yang menjadi agenda tahunan guna menarik jumlah kunjungan wisatawan.

"Di bulan Agustus nanti ada festival masyarakat peduli Danau Kerinci atau FMPDK dan Batanghari festival yang rencananya dilaksanakan  Oktober 2015," kata Dendy di Jambi.

Dia menjelaskan, untuk event FMPDK akan dilaksanakan di Danau Kerinci Kabupaten Kerinci, sedangkan festival Batanghari nantinya  ditepian sungai Batanghari tepatnya di Taman Tanggo Rajo depan rumah dinas Gubernur Jambi, di Kota Jambi.

Dendy mengatakan, Provinsi Jambi dalam setahun ada tiga event besar yang nuansanya berbeda, yaitu festival Candi Muarojambi, festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci dan festival Sungai Batanghari.

"Festival candi Muarojambi sudah terlaksana pada bulan lalu, dan memang waktunya selalu bertepatan dengan hari raya waisak. Sementara dua agenda lainnya sebentar lagi menyusul," kata Dendy.

Selain tiga event itu, Dendy mengungkapkan bahwa pihaknya juga telah mengusulkan satu event besar lagi untuk mempromosikan pariwisata Jambi, yakni Festival Geopark Merangin.

"Mudah-mudahan ditahun depan untuk event 'Geopark' Merangin akan terlaksana, dan intinya itu setiap event-event pariwisata itu harus ada memberikan sumbangsih kepada Jambi," kata Dendy menjelaskan.

Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Jambi kata Dendy gencar mempromosikan pariwisata dan   kebudayaan di Jambi, baik melalui media sosial dan juga kerja sama dengan pihak terkait lainnya.

"Kita juga ada website khusus untuk pengunjung yang mau tau tentang pariwisata di Jambi," katanya.

Selain itu, Dendy juga berharap kepada para pelaku usaha industri kreatif untuk bisa memanfaatkan event-event itu, yakni dengan menawarkan berbagai macam produk hasil kerajinan khas Jambi khususnya. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015