Jambi (ANTARA Jambi) - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi Sri Sapto Edy mengatakan, daerahnya masih kekurangan anggaran sebesar Rp6,5 miliar untuk memberangkatkan Calon Jamaah Haji (CJH) dari Jambi ke Batam.

"Anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp10 miliar, yang ada sekarang baru Rp3,5 miliar. Dishub Provinsi Jambi masih menunggu ketok palu anggaran dari DPRD Provinsi Jambi untuk pelelangan angkutan domestik haji itu," kata Sapto Edy di Jambi, Rabu.

Meski Jambi saat ini telah menjadi Embarkash Haji Antara (EHA) namun untuk pemberangkatan ke tanah suci masih harus melalui Bandara Hang Nadim di Kepulauan Riau.

Dia mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah merencanakan lelang terhadap maskapai yang akan mengangkut CJH dari Jambi ke Batam, namun hal tersebut belum bisa dilakukan karena masih menunggu disetujuinya kucuran anggaran dari DPRD Provinsi Jambi.

Kadishub mengatakan setelah anggaran yang diajukan di APBD Perubahan 2015 itu disetujui, pihaknya baru akan melakukan lelang untuk pengangkutan CJH dari Jambi ke Batam.

Estimasi anggaran untuk angkutan domestik CJH dari Jambi ke Batam dan sebaliknya masih-masing CJH kata Sapto yakni sebesar Rp4,5 juta, dan untuk angkutan domestik menjadi kewajiban pemerintah.

"Nanti tertuang melalui perjanjian kontrak, duit sekarang baru Rp3,5 miliar, kalau maskapai mau Rp3,5 miliar dulu ya di awal boleh dibayar, nanti kurangnya setelah selesai. Yang jelas saat ini masih kekurangan Rp6,5 miliar untuk biaya angkutan domestik," katanya menjelaskan.

Provinsi Jambi pada musim haji tahun 2015 ini bakal memberangkatkan sebanyak 2.108 orang CJH yang terbagi dalam lima kloter. Mereka akan diberangkatkan dari Bandara Sultan ThahaJambi yang selanjutnya ke Bandara Hang Nadim di Batam Kepulauan Riau, sebelum bertolak ke Madinah.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jambi Gusrizal membenarkan bahwa perkiraan untuk biaya domestik keberangkatan sebanyak 2.108 Calon Jamaah Haji dari Jambi ke Batam sebelum diberangkatkan ke Makkah yakni sekitar Rp6,5 miliar, dan dewan menurutnya siap untuk menyetujuinya,

"Karena ini untuk kepentingan umat, kita DPRD tentu menyetujui," kata Gusrizal. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015