Jambi (ANTARA Jambi) - Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mendukung percepatan pembangunan pelabuhan Samudera Ujung Jabung di Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi.

"Ini harus didukung, apalagi kita melihat keseriusan pemerintah Provinsi Jambi dalam pembangunan pelabuhan Ujung Jabung itu sangat serius, "kata Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba di Jambi, Senin

DPD RI bersama-sama anggota DPD asal Provinsi Jambi katanya akan memperjuangkan pembangunan pelabuhan itu. Sebab jika dilihat, prospek ekonomi Provinsi Jambi kedepan lebih cerah.

"Banyaknya potensi ekonomi di Provinsi Jambi serta luas lahan yang dimiliki, tentu pelabuhan Ujung Jabung akan menjadi perhatian kami yang sangat serius," kata Parlindungan.

Dia mengatakan DPD akan mengingatkan  bahwa sebelumnya pemerintah pusat sudah berjanji akan membangun pelabuhan Ujung Jabung itu.

Selain itu, Parlindungan berharap Balai Jalan untuk segera menuntaskan permasalahan jalan yang ada, agar semua akses bisa dipercepat dan ditindaklanjuti.  

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Ridham Priskap, mengatakan dalam prioritas pembangunan dan pengembangan Ujung Jabung, maka peran pemerintah pusat sangatlah diharapkan.

Sekda menjelaskan, dalam rangka memanfaatkan mobilitas logistik global, pemerintah Provinsi Jambi telah menetapkan pembangunan seluas 4.200 hektare kawasan Ujung Jabung di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

"Pemprov sangat mengharapkan peran pemerintah pusat untuk memprioritaskan lanjutan pendanaan untuk pembangunan pelabuhan Ujung Jabung. Pembangunan saat ini sudah masuk ke tahap II setelah tahun 2014 lalu dilaksanakan 'groundreaking' dan pembangunan infrastruktur penunjang lainnya," kata Sekda.

Sekda juga mengungkapkan bahwa pembangunan jalan akses ke pelabuhan Ujung Jabung secara bertahap telah dilakukan pembebasan dan pembangunan, serta kebutuhan air baku sebagai sumber air bersih dan pembangkit listrik untuk pendukung kawasan ekonomi Ujung Jabung.

Sekda menambahkan, sesuai keputusan Menteri Perhubungan RI nomor KP.414 Tahun 2013 tentang penetapan rencana induk pelabuhan nasional, pelabuhan Ujung Jabung telah ditetapkan menjadi pelabuhan utama dengan target operasional pada tahun 2020. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015