Mukomuko (ANTARA Jambi) - Kebakaran lahan gambut seluas dua hektare di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Selasa siang, nyaris menghanguskan rumah sakit umum daerah setempat.

Berdasarkan pantauan di Desa Agung Jaya, lahan gambut seluas dua hektare yang terbakar itu berada dalam kawasan rumah sakit umum daerah (RSUD) setempat.

Saksi mata Herman, salah seorang satuan pengamanan RSUD setempat mengatakan, sumber api yang membakar lahan gambut milik RSUD setempat itu berasal dari lahan gambut di luar RSUD.

"Kami tidak tahu penyebab kebakaran. Kemungkinan api itu berasal dari ujung lahan gambut ini," ujarnya.

Ia mengatakan, api sangat cepat membakar lahan gambut di RSUD ini, karena kondisi gambut tersebut kering saat musim panas sekarang ini ditambah angin kencang.

Berbagai upaya dilakukan satuan pengamanan RSUD dan petugas pemadam bahaya kebakaran (PBK) di daerah itu untuk memadamkan api agar tidak menyentuh bangunan RSUD.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko Ramdani mengatakan, api berhasil dipadamkan petugas PBK.

Untuk memadamkan api, katanya, petugas PBK tidak hanya mengambil air dari luar RSUD, tetapi juga air di RSUD itu agar petugas PBK cepat memadamkan api.  

Ia mengatakan, api yang membakar lahan gambut itu diduga ulah pasien yang membakar sampah dekat lahan gambut.

"Dalam kondisi cuaca panas sekarang ini api sangat cepat membakar lahan kering apalagi lahan gambut," ujarnya.

Ia minta, warga tidak membakar sampah sembarangan karena dampaknya api bisa merambah ke tempat lain. (Ant)

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015