Jambi (ANTARA Jambi) - Seribuan orang mengarak pasangan Zumi Zola Zulkifli-Fachrori Umar mendaftar sebagai calon gubernur/wakil gubernur Jambi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi itu untuk mengikuti Pilkada serentak  9 Desember 2015.

Zumi Zola dan Fachrori mendatangi KPU Provinsi Jambi  menggunakan mobil hias rumah adat  dari kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Jambi yang berjarak sekitar tiga kilometer,  Senin.

Saat tiba di gerbang gedung KPU Provinsi Jambi, Zumi Zola dan pasangannya disambut dan di arak penampilan budaya "Reog Ponorogo" dari paguyuban Manunggal Joyo. Keduanya juga menaiki kepala reog dan melambaikan tangan ke hadapan ribuan simpatisannya.

Ketua KPU Provinsi Jambi Subhan mengatakan, sesuai dengan peraturan KPU No 2 tahun 2015 pendaftaran calon kepala daerah dibuka dari tanggal 26 sampai 28 juli 2015.

Dikatakan Subhan, berkas persyaratan calon dan yang harus dipenuhi itu minimal 20 persen dari total kursi anggota DPRD Provinsi Jambi.

Cagub/cawagub pasangan Zumi Zola/Fachrori Umar  diusung lima partai diantaranya PAN, PKB, NASDEM, PBB dan HANURA. Total sebanyak 18 kursi di DPRD Provinsi Jambi, artinya ini sudah memenuhi syarat," kata Subhan.

Dia menjelaskan, KPU Jambi masih akan memverifikasi terlebih dahulu dokumen pasangan calon. Selanjutnya KPU akan memberitahukan ke pasangan calon gubernur jika masih ada dokumen yang harus dilengkapi.

"Kalau dokumen pasangan calon gubernur dan wakilnya masih ada yang kurang harus dilengkapi pada 4-7 Agustus 2015," katanya menjelaskan.

Subhan berharap pada pelaksanaan Pilkada serentak ini bisa berjalan dengan aman dan tentram. Pasalnya ini adalah pengalaman pertama Jambi mengadakan Pilkada serentak.

"Kita minta dukungan semua pihak, marilah kita ciptakan suasana yang aman, karena ini pesta demokrasi rakyat Jambi, untuk semua calon lakukanlah pendekatan ke masyarakat dengan cara yang baik," kata Subhan.

Sementara itu, Zumi Zola Zulkifli mengatakan, sejauh ini, kompetisi Pilkada 2015 belum ada perubahan, dan yang maju hanya  dua pasang. Mantan Bupati Tanjung Jabung Timur itu juga berharap pada proses pilkada serentak ini bisa berjalan dengan baik.

"Kita ingin menang tetapi kemenangan yang kami ingin tujukan itu untuk kemenangan masyarakat Jambi," kata mantan artis Indonesia itu. (Ant)

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015