Jambi (ANTARA Jambi) - Sebanyak 17 sekolah di Kota Jambi dinyatakan lolos verifikasi untuk melaksanakan Ujian Nasional (UN) dengan menggunakan sistem Computer Basic Test (CBT) pada 2016.

"Untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat ada lima sekolah, sementara untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) sederajat ada 12 sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi, Syaiful Huda di Jambi, Minggu.

UN tersebut, kata Syaiful, diperkirakan akan dilaksanakan pada April 2016 dan sekolah yang akan melaksanakannya dengan menggunakan sistem CBT tersebut sebelumnya telah melalui verifikasi oleh pusat.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Arman mengatakan untuk tingkat SMP ada lima sekolah yang akan menggunakan sistem CBT di antaranya terdiri dari tiga sekolah negeri dan dua sekolah swasta.

Sekolah SMP Negeri yang menggunakan sistem CBT yaitu SMPN 7, SMPN 1 dan SMPN 6 Kota Jambi. Sedangkan untuk swasta seperti SMP Xaverius 1 dan SMP Unggul Sakti.

"Jadi tahun 2016 ada tambahan empat sekolah lagi, karena sebelumnya hanya SMPN 7 saja yang menggunakan sistem CBT ini," kata Amran menjelaskan.

Untuk persiapan, kata Arman, sejauh ini tidak ada masalah, pihaknya siap melaksanakan UN CBT itu, bahkan ada bantuan komputer dari Pemkot.

"Komputer kita standby. Tapi kalau ada siswa yang mau bawa laptop pribadi juga tidak masalah, tinggal kita sesuaikan dengan sistemnya, jaringannya juga saat ini sedang dalam tahap persiapan," katanya.

Kabid Pendidikan Menengah, Mulyadi mengatakan, untuk tingkat SLTA sederajat di Kota Jambi yang telah siap melaksanakan UN dengan sistem CBT itu ada 12 sekolah yang terdiri dari enam SMA dan enam SMK.

Untuk SMA di antaranya SMAN 1, SMAN 6, SMAN 3, SMAN 9 dan SMA Unggul sakti. Sementara untuk SMK yakni PGRI 2, Unggul Sakti, Attaufik, DB 4, Harapan Bangsa dan Karang Berahi Kota Jambi, kata Mulyadi. 

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016