Jambi (ANTARA Jambi) - Kapolda Jambi, Brigjen Pol Musyafak meminta agar seluruh jajaran kepolisian resort (polres) dan Kodim setempat untuk sama-sama melakukan pemantauan dan siaga terhadap bencana banjir di wilayahnya masing-masing.

"Selain memantau banjir, kepolisian dan TNI juga diharapkan harus berperan serta membantu pemerintah daerah setempat dalam penanggulangannya," kata Musyafak, di Jambi, Kamis.

Saat ini sejumlah daerah di Provinsi Jambi sudah mulai dilanda banjir akibat tingginya curah hujan yang terjadi belakangan ini dan banjir juga disertai dengan tanah longsor sehingga akses jalan terputus dan warga menjadi terisolir.

Musyafak menegaskan, dengan kekuatan yang ada di Polres dan Kodim saat ini diharapkan bisa diberdayakan untuk menanggulangi bencana banjir bila terjadi sewaktu-waktu di daerahnya masing-masing.

Setiap Polres sudah saya minta untuk terus memantau perkembangan banjir di daerah masing-masing, kata Musyafak saat berkunjungan ke Korem 042 Garuda Putih (Gapu) Jambi, Rabu lalu (10/2).

Di Polda Jambi sendiri juga ada personel yang disiagakan. Sewaktu-waktu dapat dikerahkan jika memang dibutuhkan untuk penanganan banjir.

Lebih lanjut Kapolda Jambi, Musyafak mengatakan, terkait banjir dan tanah longsor di Provinsi Jambi, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jambi untuk mengerahkan peralatan beratnya.

Kemudian Polda bersama TNI dan masyarakat siap membantu penanganan banjir maupun tanah longsor, tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Danrem 042/Gapu, Kolonel Inf Makmur yang mengatakan saat ini seluruh jajaran Korem juga telah melakukan pemantauan terhadap perkembangan banjir di setiap daerah dan siap bekerja sama dengan Polri untuk menanggulangi korban bencana banjir tersebut. (Ant)

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016