Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari, menetapkan status  siaga darurat bencana banjir menyusul tingginya intensitas hujan di daerah itu sejak beberapa hari terakhir.

"Status siaga bencana itu kita tetapkan hingga sepekan mendatang," kata Plt Sekda Batanghari Muhammad Fadhil Arief di Muarabulian, Rabu.

Menurut dia, penetapan ini di buat setelah  Pemkab mengadakan rapat bersama  TNI melalui Dandim 0415  dan Polres Batanghari.

"Sempat terjadi keraguan dalam penetapan status karena saat ini Batanghari belum memiliki payung hukum dalam bentuk Perbup tentang penetapan status bencana," ujarnya.

Ia mengatakan, Pemkab kesulitan memperoleh dana kebencanaan dari pusat jika belum memiliki Perbup.

"Dana tanggap darurat belum bisa dikeluarkan, karena keraguan atas penetapan status siaga darurat bencana oleh pemkab melalui BPBD," kata Muhammad Fadhil Arif.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga diminta lebih cepat memahami karakteristik bencana yang bepotensi terjadi di sejumlah kawasan di Batanghari, terutama pada musim penghujan. 

Bahkan, pada semua sektor bisa bergerak dalam setiap potensi bencana yang akan muncul, agar  masyarakat dapat merasakan bantuan pemerintah yang tanggap dan tidak merasa mengatasinya secara sendiri. (Ant)

Pewarta: Heriyanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016