Jambi (ANTARA Jambi) - Pendaftaran calon kepala desa yang bakal bertarung dalam Pilkades serentak di Kabupaten Sarolangun, Jambi segera dibuka pada 25 Maret mendatang.

Pendaftaran akan dilakukan dimasing-masing panitia Pilkades di 57 desa yang bakal menggelar Pilkades serentak di Kabupaten Sarolangun yang akan dilaksanakan 11 Mei 2016, kata Kepala BPMPD Kabupaten Sarolangun, H Ahmad Zaidan, Jumat.

Panitia Pilkades yang telah terbentuk di seluruh desa akan membuka secara resmi pendaftaran Calon Kades mulai 25 Maret - 2 April.

"Waktu yang disediakan kepada masing-masing calon untuk mendaftarkan diri ke panitia Pilkades selama satu minggu, setiap calon diharapkan mendaftarkan diri pada waktu yang telah disediakan," kata Zaidan.

Setelah waktu pendaftaran berakhir, maka panitia Pilkades akan melakukan seleksi administrasi pada 3 April hingga 22 April mendatang dan setelah waktu seleksi berakhir, maka panitia Pilkades akan mengumumkan nama-nama calon Kades yang memenuhi syarat untuk ikut Pilkades serentak disetiap desa pada 11 Mei 2016.

Zaidan menambahkan, calon kades yang akan ikut bertarung sesuai dengan aturan yang berlaku dibatasi, paling banyak hanya lima calon dan paling sedikit dua calon di setiap desa.

Jika pendaftar lebih dari lima calon, maka panitia Pilkades akan melakukan seleksi dan menentukan mana yang lebih layak dan jika pendaftar di suatu desa tak sampai dua calon maka, waktu pendaftaran akan diperpanjang.

Ahmad Zaidan optimis pelaksanaan Pilkades serentak di 57 desa akan berjalan dengan sukses dan lancar dan menghimbau, kepada masing-masing panitia untuk bekerja dengan professional dan selalu bersikap tegas dan mengutamakan netralitas. (Ant)

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016