Muarasabak  (ANTARA Jambi) - Pemkab Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) memperoleh bantuan sebanyak 5.000 unit ampere listrik dari Pemerintah Pusat dalam kurun waktu selama empat tahun ini.

"Dengan adanya bantuan itu maka sekitar 15 persen lagi masyarakat Tanjabtim yang belum menikmati penerangan listrik," kata  Kadis ESDM Tanjabtim Yan Rizal di Muarasabak, Selasa. 

Sebanyak 5.000 unit ampere yang diberikan kepada masyarakat secara gratis di Tanjabtim itu  bersumber dari dana APBN. "Kita hanya mengajukan berdasarkan kebutuhan," kata  Yan Rizal menambahkan.

Memang Kata Yan Rizal, ada beberapa kendala dan pertanyaan dari masyarakat terkait pemasangan. Ada yang mengatakan miskin tapi tidak dapat. 

"Ada beberapa kriteria penerima. Yang bisa di salurkan itu bagi rumah warga dengan jarak sekitar 40 meter dari tegangan rendah (TR). Jika ada masyarakat miskin tapi rumahnya berada di lebih dari 40 meter dari TR, maka tidak bisa diberikan," ujar Yan Rizal.

Namun, ia menargetkan  dari 15 persen masyarakat miskin yang belum teraliri listrik maka akan dituntaskan pada tahun 2016.

Lebih lanjut dikatakan Yan Rizal, selain program pemerintah pusat,  Pemkab Tanjung Jabung Timur juga terus berupaya menambah jaringan agar penerangan di setiap desa dapat maksimal.

"Saat ini tinggal beberapa desa yang sedang  kami usahakan untuk memasukkan jaringan," tandas Yan Rizal.

Pewarta: Novendra

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016