Geram sekali rasanya rumah yang dibeli dari hasil jerih payah selama ini dan diatur dengan sedemikian rupa mulai dari halaman, teras, hingga dinding-dindingnya namun terusik dengan munculnya bercak-bercak lembab. Dinding yang lembab tidak hanya merusak penampilan saja, namun juga bisa mengganggu kesehatan.

Dinding lembab dapat disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab pertama yaitu ruangan yang tidak mempunyai ventilasi ataupun sirkulasi udara yang cukup. Keadaan ini bisa membuat kandungan air di dalam udara ruangan bertambah yang pada akhirnya dinding menjadi lembab.

Penyebab yang kedua yaitu atap bocor. Atap yang bocor menyebabkan air tidak bisa tertampung sehingga akan terserap dinding rumah. Kondisi tersebut bisa menyebabkan ruangan ditumbuhi jamur dan juga berbau tidak sedap.

Apabila sudah ditumbuhi jamur maka bisa membuat Anda dan anggota keluarga terkena bermacam penyakit. Tidak hanya itu saja, jamur pun bisa merusak benda-benda yang ada di dalam ruangan tersebut.

Jika dinding ruangan Anda lembab, maka mesti secepatnya ditanggulangi supaya tidak terus menerus mengganggu penampilan dan juga kesehatan. Berikut ini ada beberapa cara mudah mengatasi dinding lembab.

Perbaiki Sumber Kerusakan

Hal pertama yang mesti dilakukan untuk mengatasi dinding lembab ini adalah harus mengetahui sumber masalahnya. Apakah lembabnya tersebut dikarenakan oleh kebocoran atau karena sirkulasi udara yang buruk. Apabila karena kebocoran, maka periksalah atap-atap ruangan Anda dan perbaiki segala kebocoran yang ada. Jika karena sirkulasi udara maka bisa menggunakan alat khusus. 

Gunakan Dehumidifier 

Apabila dinding lembab karena sirkulasi udara maka bisa menggunakan Dehumidifier. Alat ini mampu mengubah udara lembab menjadi udara dingin. Tidak hanya itu saja, dehumidifier pun bisa menjaga keawetan Furniture. 

Perlu diketahui bahwa kelembaban bisa mengurangi keawetan furnitur, khususnya furnitur berbahan dasar kayu. Udara yang lembab akan menjadikan furnitur menjadi lebih mengembang dan juga menimbulkan bakteri ataupun jamur. 

Hal tersebut tentunya sangatlah tidak baik, tidak hanya bagi furniturnya, namun juga bagi kesehatan semua anggota penghuni ruangan tersebut.

Dengan adanya dehumidifier, maka dapat mengurangi tingkat kelembaban ruangan, sehingga risiko adanya jamur sangatlah kecil. Sekarang ini Dehumidifier bisa diperoleh dengan mudah. Untuk membeli Dehumidifier sebaiknya kunjungi Ralali.com. Di Ralali.com jual dehumidifier sangat lengkap dan berkualitas terbaik dengan beragam pilihan jenis dan merek ternama.

Gunakan Exhaust Fan

Exhaust Fan adalah alat yang berfungsi untuk mengalirkan udara dari dalam ruangan menuju luar ruangan. Alat ini akan membantu menciptakan sirkulasi udara di ruangan yang tidak mempunyai cukup ventilasi. Tidak hanya itu saja, Exhaust Fan pun bisa mengurangi kandungan air yang ada di dalam ruangan.

Gunakan Kapur Serap

Kapur serap berfungsi untuk menyerap kandungan air yang ada di dalam ruangan dan juga dinding rumah. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup simpan kapur serap di ruangan yang lembab, setelah itu kandungan air yang ada di dalam ruangan pun akan terserap. Akan tetapi, kapur serap ini mesti di ganti secara berkala, sebab air yang sudah diserap akan tersimpan di dalamnya sehingga kita mesti memeriksanya secara rutin tidak seperti Dehumidifier dan Exhaust Fan.

Pewarta:

Editor : Pemasaran


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016