Wonosobo (ANTARA Jambi) - Sejumlah personel TNI bersama masyarkat bergotong-royong memperbaiki dan menyingkirkan material reruntuhan longsor yang menimpa rumah Sugianto (60) warga Desa Kupangan, Kabupaten Wonosobo.

Komandan Rayon Militer Sukoharjo, Serma Mulyono,di Wonosobo, Minggu, mengatakan jajaran Koramil Sukoharjo bersama SAR dan warga mulai bergerak membantu keluarga Sugianto sejak Sabtu (18/6) malam usai kejadian longsor.

Ia menuturkan warga sekitar lokasi mulai mendengar bunyilongsor pada pukul 20.30 WIB dan langsung berupaya mengamankan penghuni rumah di bawahnya.

"Tebing ini posisi tanahnya sudah miring dan labil sehingga ketika diguyur hujan lebat langsung tergerus dan akhirnya longsor menimpa rumah Sugianto," ungkapnya.

Bagian rumah yang tertimpa tanah longsor, katanya paling parah di bagian belakang dan samping, di mana dinding rumah jebol sehingga ruangan di dalam nya dipenuhi tanah.

Sugianto menuturkan meskipun rumahnya tertimbun piaknya bersyukur karena musibah longsor tidak sampai mengakibatkan korban jiwa.

Ia menyebutkan kerugian material yang dideritanya mencapai Rp25 juta.

Guna menghindari longsor susulan, Sugianto bersama istri, anak, dan dua cucunya tinggal sementara di rumah anak pertamanya, Sutrisno yang juga tinggal di Desa Kupangan.

Hujan deras yang terjadi di hampir seluruh wilayah di Kabupaten Wonosobo juga membuat sebuah tanah pekarangan di Kampung Bumi Godean ambles dan memunculkan lubang menganga.

Pewarta: Heru Suyitno

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016