Jambi (ANTARA Jambi) - Wali Kota Jambi Syarif Fasha menyatakan bahwa persiapan penyelenggaraan Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2016 di Kota Jambi sudah 90 persen.

"Kota Jambi sudah siap menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Munas Apeksi, saya rasa untuk saat ini persiapannya sudah 90 persen, karena kegiatan ini sudah diserahkan kepada Even Organizer (EO)," kata Fasha di Jambi, Selasa.

Persiapan itu juga termasuk akomodasi dan transportasi bagi para peserta yang akan hadir dalam ivent nasional tersebut.

Fasha mengatakan, diperkirakan akan memerlukan sekitar 2.000 kamar hotel untuk para tamu yang datang mengikuti Munas Apeksi tersebut
    
"Pada Munas Apeksi di Kota Jambi ini nantinya diperkirakan paling tidak dihadiri sekitar 4.000 tamu perwakilan pemerintah kota (pemkot) di seluruh Indonesia" katanya.

Munas ke-V Apeksi tersebut akan digelar 27-30 Juli 2016 dengan berbagai kegiatan pekan promosi kota-kota di Indonesia. Di antaranya pawai budaya nusantara, penanaman pohon, ladies program, seni budaya nusantara, pemilihan stan terbaik dan "city tour".

"Tentunya iven nasional ini juga akan berdampak pada ekonomi masyarakat, karena para peserta selain mengikuti munas juga akan berbelanja oleh-oleh di Kota Jambi," katanya.

Munas akan diikuti 98 kota di Indonesia. Apeksi akan lebih membawa konsep memperkenalkan kota masing-masing. Pada munas tersebut juga digelar kegiatan tahunan "Indonesia City Expo 2016"
    
Sementara itu, Direktur Eksekutif Apeksi Sarimun Hadisaputra mengatakan, Munas Apeksi ke-V di Kota Jambi membahas tema "Implementasi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah"
 
"Selain itu nantinya akan menyusun suatu program kerja dan membahas dewan kepengurusan yang baru," katanya usai acara peluncuran rencana Munas Apeksi di Kota Jambi. 

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016