Jambi (ANTARA Jambi) - Harga bawang merah di pusat perdagangan di Kota Jambi masih bertahan tinggi yakni Rp40.000 per kilogram disebabkan berkurangnya pasokan sejak beberapa pekan lalu.

"Harga bawang merah masih bertahan tinggi, karena masih berkurangnya pasokan dari daerah sentra di Pulau Jawa," kata Kasi Bina Usaha dan Distribusi pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi M Zaini di Jambi, Senin.

Sementara itu, harga bawang putih juga masih bertahan tinggi yakni mencapai Rp30.000 per kilogram di tingkat pedagang pengecer di kota tersebut.

Zaini juga menjelaskan, harga cabai merah keriting di pusat perdagangan di Kota Jambi turun  Rp2.000 atau dari sebelumnya Rp24.000 per kilogram,  dan kini menjadi Rp22.000 per kilogram karena bertambahnya pasokan .

"Penurunan harga cabai merah itu terjadi dalam dua hari ini dikarenakan bertambahnya pasokan dari sentra produksi,"  katanya menambahkan.

Disperindag Provinsi Jambi, Zaini menjelaskan secara rutin memantau perkembangan harga dan distribusi barang-barang kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Induk Angsoduo, Pasar Tradisional Talang Banjar dan Simpang Pulai Kota Jambi.

Sementara harga beras ditingkat pedagang di Kota Jambi masih normal, seperti beras kualitas pertama (merek anggur) Rp13.000 per kilogram, kualitas dua (belida, sepat siam dan putri palembang) Rp10.500 per kilogram.

Gula pasir, jelas Zaini juga masih bertahan tinggi yakni Rp15.000 per kilogram karena pasokan terbatas ditingkat pedagang besar di daerah ini.

Sedangkan harga daging sapi murni masih stabil yakni Rp120.000 per kilogram, daging ayam broiler Rp34.000 per kilogram, dan ayam kampung Rp60.000 per kilogram yang terpantau di pasar Induk Angsoduo.

Dipihak lain, M Zaini, menjelaskan pemerintah terus berupaya menekan harga berbagai jenis bahan kebutuhan pokok, dan memastikan ketersediaan barang di pasaran khususnya di Jambi. (Ant)

Pewarta: azhari

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016