Jambi (ANTARA Jambi) - Perusahaan yang bergerak bidang perkebunan, Asian Agri yang didukung Tanoto Foundation  mendukung gerakan Indonesia membaca secara berkesinambungan  dengan memberikan pelatihan kepada masyarakat.

Selain pelatihan, melalui berbagai kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), perusahaan juga telah membantu   fasilitas perpustakaan sekolah serta menambah buku-buku   secara berkesinambungan, kata Head plantation Asian Agri wilayah Jambi Sahrul Hasibuan di Jambi, Selasa.

Semua bantuan itu adalah upaya dalam mendukung peningkatan   minat baca siswa, sebab gemar membaca membutuhkan dukungan berbagai pihak, ujarnya.

Hal itu disampaikan Sahrul saat memberikan sambutan pada Pelatihan Refreser Fasilitator Lokal Pelita Pustaka di Hotel Novita, Jambi.

Sementara itu, Regional Head Project Manager Tanoto   Foundation, Dendi Satria Buana menjelaskan, pelatihan ini   mengajarkan  peserta untuk mengidentifikasi kebutuhan dan   kelengkapan   pustaka.

Kemudian, perencanaan kegiatan-kegiatan pengembangan minat dan kemampuan membaca disekolah dan mendesain kegiatan kampanye  membaca.

Dendi juga menjelaskan, peserta juga akan mendapatkan   pengalaman dalam hal mengukur kemampuan membaca siswa.

"Tidak hanya memberikan pelatihan yang mendukung peningkatan membaca siswa, kami juga memberikan buku-buku fiksi dan non fiksi yang relevan bagi siswa dan guru untuk melengkapi koleksi perpustakaan," katanya menambahkan.

Selain itu kami juga mendorong sekolah dampingan untuk terus kreatif mengelola dan menciptakan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar yang menyediakan media pengembangan minat baca siswa dan guru.

"Kami berharap pelatihan ini mampumeningkatkan kualitas pengelolaan perpustakaan dan kegiatan pustaka, sehingga murid tertarik untuk membaca buku." ujar Dendi.

Adapun pelatihan pelita pustaka ini dibagi atas dua gelombang; gelombang pertama 20 sampai 23 Juli 2016, dan gelombang ke dua 29 hingga 30 Juli 2016 dengan total peserta  59 orang, terdiri dari guru kelas, pengelola perpustakaan dan pengawas UPTD
dari sekolah dampingan Tanoto Foundation, sekitar kebun   Asian Agri.

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016