Jayapura (ANTARA Jambi) - Menteri Kordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan bahwa pelabuhan Depapre, Jayapura, yang akan segera dibangun akan ditetapkan sebagi bagian dari tol laut untuk memperlancar arus pengiriman barang dari dan keluar Jayapura.

"Presiden sudah lihat ke sana, saya juga ikut. Kita lihat dalam dua tahun ke depan pasti jalan, semua bertahap," ujarnya di Jayapura, Kamis.

Ia menjelaskan, biaya tinggi yang hingga kini belum teratasi meski tol laut sudah sampai ke Kabupaten Biak, akan tertangani saat Pelabuhan Depapre mulai difungsikan.

"Sekarang yang dibangun Pelabuhan Depapre. Kalau sudah jadi, barang-barang dan kelapa sawit bisa lebih cepat karena pelabuhan itu cukup dalam jadi nanti mestinya ongkos nanti akan berkurang," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto dan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan berkunjung ke perbatasan Indonesia-Papua Nugini di Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Kamis.

Kedatangan kedua Menko ini didampingi Sekda Papua Heri Dosinaen Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpau, Pangdan XVII/Cenderawasih Mayjen Hinsa Siburian, Ketua DPRP Yunus Wonda dan Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Suzana D Wanggai.

Pewarta: Dhias Suwandi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016