Jambi (ANTARA Jambi) -  Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar mengatakan Pemerintah Provinsi Jambi  dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) akan terus bersinergi untuk menyukseskan program pembangunan di daerah itu.

"BKKBN sebagai instansi yang membidangi kependudukan memiliki peran penting dan sangat berkaitan dengan program pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah, termasuk pemerintah daerah," katanya di Jambi, Jumat.

Hal tersebut disampaikan disela-sela pelantikan Endang Agus Safri sebagai Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Jambi mengantikan Waspi yang mendapat promosi sebagai Kepala BKKBN Sumatera Selatan.

Kajian kependudukan sangat penting dalam perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan khususnya di daerah berjuluk "Sepucuk Jambi Sembilan Lurah" itu.

Deputi Advokasi Penggerakan dan Informasi BKKBN pusat Abidinsyah Siregar, mengimbau semua pihak  terus meningkatkan kinerja.

 "Waspi ditempat yang baru sebagai Kepala BKKBN Sumatera Selatan diharapkan bisa mengatasi masalah kependudukan dan keluarga berencana di provinsi itu," kata Abidinsyah.

Kinerja Waspi dinilai sangat baik selama bertugas di  Jambi, yakni mempromosikan Provinsi Jambi sebagai salah satu provinsi terbaik dalam aspek kependudukan.

"Waspi telah mempromosikan Provinsi Jambi sebagai salah satu provinsi terbaik dari aspek kependudukan bersama Provinsi Sulut, Kaltim, Kalsel, Bali, Jatim, Jawa Tengah dan DKI," katanta.

Jambi siap menjadi pilar kemajuan Indonesia, jika penduduk terkendali. Bukan hanya dari sisi jumlah (kuantitas), tetapi penekanannya dari sisi kualitas.

Abidinsyah juga mengungkapkan, data badan dunia,  UNDP menyebutkan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia urutan ke-112 dari 180 negara, dan merupakan permasalahan besar yang harus diupayakan solusinya.

Analisis kependudukan sangat penting dalam pembangunan. Ketika analisis kependudukan diabaikan, maka seluruh indikator yang dikerjakan oleh seluruh SKPD, akan rontok.

Abidinsyah juga menyampaikan bahwa pesan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo ketika peringatan Hari Keluarga Nasional 2016 yakni pentingnya membentuk Kampung KB.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016