Jambi (ANTARA Jambi) - Harga sejumlah bahan pokok di beberapa pasar induk tradisional Kota Jambi mengalami kenaikan jelang hari raya Idul Adha karena berkurangnya pasokan.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi, Filda Devriani di Jambi, Jumat, mengatakan naiknya harga kebutuhan pokok masyarakat karena permintaan tinggi jelang lebaran dan pasokan berkurang.

Disebutkannya, kebutuhan pokok yang terus mengalami kenaikan yakni cabai. Seperti di pasar tradisional Angsoduo komoditi cabai mengalami kenaikan hingga sembilan persen dibandingkan harga satu hari sebelumnya.

Perubahan harga tersebut juga terjadi di pasar tradisional lainnya, seperti di pasar tradisional Simpang Pulai dan Talang Banjar.

Cabai merah besar sehari sebelumnya di harga Rp46 ribu/kilogram, tapi berdasarkan monitoring Disperindag mengalami kenaikan sebesar sembilan persen atau di harga Rp50 ribu/kilogram.

Cabai merah keriting mengalami kenaikan delapan persen, dimana satu hari sebelumnya diharga Rp52 ribu/kilogram kini menjadi 56 ribu/kilogram

"Hanya cabai rawit hijau yang mengalami penurunan harga dari Rp24 ribu menjadi Rp20 ribu/kilogram," kata Filda.

Bahan pokok lainnya seperti bawang juga mengalami kenaikan harga. Dimana satu hari sebelumnya masih di harga Rp30 ribu/kilogram kini menjadi Rp32 ribu/kilogram atau naik sebesar tujuh persen.

Sementara daging ayam broiler juga mengalami kenaikan harga dari Rp27 ribu menjadi Rp28 ribu/kilogram atau naik sebesar empat persen.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016