Jambi (ANTARA Jambi)- Khatib pada shalat Idul Adha di lapangan Balaikota Jambi, Amin Abdullah mengajak masyarakat umat muslim untuk membersihkan hati dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT melalui momentum hari raya kurban tersebut.

"Mari sama-sama memetik buah dari ibadah kurban dengan membersihkan hati untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah dalam menghidupkan kembali peristiwa dan teladan yang telah dilalui Nabi Ibrahim dan keluarganya," kata Amin Abdullah saat menjadi khatib shalat Idul Adha di lapangan Balaikota Jambi, Senin.

Shalat Idul Adha di lapangan Balaikota tersebut diikuti oleh ratusan jemaah masyarakat sekitar dan juga diikuti Wali Kota Jambi Syarif Fasha dan Wakil Wali Kota Jambi Abdullah Sani serta sejumlah pejabat dilingkup pemerintahan setempat.

"Kebersihan hati harus dapat kita jalankan dalam kehidpan sehari-hari, jangan sampai kehidupan kita dikendalikan oleh hati yang kotor, " kata khatib dihadapan jemaah shalat Idul Adha.

Dirinya juga mengajak masyarakat umat muslim untuk senantiasa mengambil hikmah dari apa yang telah menjadi pengorbanan Nabi Ibrahim dan keluarganya.

"Teladan Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail dan keluarganya harus kita ikuti yaitu saat ini dengan memotong setiap ego yang ada pada diri kita. Melalui kerendahan hati dan kecintaan kepada Allah SWT," katanya.

Selain itu katanya melalui hari Raya Idul Adha penyembelihan hewan kurban ini dapat melahirkan masyarakat yang memiliki semangat berkurban untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat dan juga bangsa dan negara.

Setelah pelaksanaan shalat Idul Adha 1437 Hijriah, Pemerintah Kota Jambi menyembelih hewan kurban sebanyak 62 ekor sapi dan dua ekor kambing.

Dari total hewan kurban tersebut diantaranya 21 ekor hewan kurban dipotong langsung dihalaman Balaikota tersebut yang kemudian dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkannya.

Sementara sisanya dipotong di 11 kecamatan di wilayah itu dan SKPD yang kantornya langsung berdekatan dengan masyarakat sekitar.

"Tahun depan saya mengajak ASN Pemkot Jambi untuk lebih banyak berkurban dan harus dimulai dari sekarang dengan menabung dan menyisihkan pendapatannya. Tahun depan saya menargetkan paling tidak ada 100 hewan kurban yang dipotong dan dibagikan untuk masyarakat yang membutuhkan ," kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha.

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016