Jambi(ANTARA Jambi) -  Kebun Binatang Taman Rimba Jambi masih menjadi alternatif untuk dikunjungi masyarakat dalam mengisi libur lebaran Idul Adha 2016 bersama keluarga.
    
"Keberadaan kebun binatang Taman Rimba Jambi masih menjadi alternatif kami, karena selain tarif yang murah, juga bisa mengajarkan kepada anak tentang satwa," kata Titi (29) yang datang ke objek wisata tersebut bersama kedua anaknya itu, Senin.

Menurut dia, keberadaan tentang satwa yang dilindungi perlu diajarkan sejak dini kepada anak, sehingga melalui liburan dengan berkunjung ke kebun binatang ini secara langsung akan mengedukasi anaknya tentang pelestarian satwa.

"Kita lihat harimau, dan saya jelaskan tadi kepada anak bahwa satwa harimau itu sudah terancam punah dan harus kita lindugi," kata dia.

Pihak pengelola kebun binatang Taman Rimba Jambi sebelumnya dalam menyambut liburan Idul Adha tahun ini telah mendatangkan dua ekor singa dewasa jantan dari Taman Safari Indonesia bernama Siro dan Hori.

"Pada libur lebaran tahun ini selama tiga hari itu tingkat kunjungan meningkat sekitar 300 persen dibandingkan pada hari libur biasa," kata Kepala UPTD Taman Rimba Jambi, Adrianis.

Menurut dia, di tengah ekonomi masyarakat yang berkurang itu, keberadaan taman rimba menjadi alternatif untuk dikunjungi pada libur lebaran karena harga karcis masuk masih terjangkau.

Sesuai dengan Perda perubahan PAD No 6 tahun 2015, tarif karcis masuk pengunjung dewasa di hari biasa Rp8.000/orang.

Sedangkan karcis pada hari libur menjadi Rp10.000/orang. Sementara untuk karcis pengunjung anak-anak masih normal yakni Rp5.000/orang.

"Pada momen libur lebaran Idul Adha 2016 sejak Sabtu (10/9) hingga Senin ini jumlah pengunjung yang tercatat sebanyak 11 ribu orang, rata rata-rata pengunjung yang datang ini bersama keluarga," katanya menjelaskan.

Dari jumlah pengujung tersebut, pendapatan asli daerah (PAD) yang dikutip dari penjualan karcis itu mencapai Rp72 juta.

Adrianis menambahkan pada tahun 2016 ini Pemerintah Provinsi Jambi menargetkan PAD Taman Rimba tersebut senilai Rp2,7 miliar yang saat ini realisasinya telah mencapai hampir Rp2 miliar.


Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016