Padang (ANTARA Jambi) - Gempa bumi berkekuatan 4,0 skala Richter mengguncang Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) pada Selasa sekitar pukul 15.12 WIB.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping Padangpariaman, Budi Samiaji saat dihubungi dari Padang, Selasa, menyebutkan pusat gempa berdasarkan peta berada di Kota Padang.

Pusat gempa tersebut lebih tepatnya berada di koordinat 1,33 lintang selaatan dan 100,39 bujur timur atau 66 kilometer barat daya Kota Solok.

"Yakni dengan kedalaman 32 kilometer," ujarnya.

Salah seorang warga Padang, Dini (26) mengatakan gempa yang terjadi itu hanya sesaat dan tidak terasa kuat.

"Kira-kira hanya sekitar tiga detik saja," sebutnya.

Warga lainnya Aadiaat (23) mengatakan hal serupa bahwa gempa yang dirasakan tersebut tidak begitu kuat, namun menimbulkan kekhawatiran terjadi gempa susulan.

"Tadi tersiar berita gempa di Bukittinggi pada Selasa siang, sekarang di Kota Padang. Jadi cukup mengkhawatirkan," katanya.

Namun gempa tersebut tidak dirasakan oleh seluruh warga setempat, sebagian dari mereka juga ada yang tidak merasakannya.

Warga Padang lainnya, Iwan mengaku tidak merasakan gempa tersebut, padahal dirinya sedang berkumpul dengan beberapa rekan lainnya.

Sebelum terjadi gempa di Kota Padang, pada hari yang sama juga terjadi gempa di Kota Bukittinggi dengan kekuatan yang sama yakni pada koordinat 0,24 lintang selatan dan 100,41 bujur timur atau tujuh kilometer timur laut Bukittinggi dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa tersebut terjadi sekitar pukul 12.38 WIB dan dilaporankan dirasakan oleh warga Bukittinggi, Padang Panjang dan sekitarnya.

Pewarta: Agung Pambudi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016