Merangin (ANTARA Jambi) - Pemerintah Kabupaten Merangin  melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)  setempat mengadakan Focus Group Discussion (FGD), Rabu. 

FGD tersebut mengangkat tema "Pemetaan Potensi Radikalisme dan Terorisme" di Provinsi Jambi, khususnya di Kabupaten Merangin.

FGD tersebut menampilkan narasumber Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Jambi Lukman Jafri, Sekretaris FKPT Sigit Eko Yuwono dan Kepala Bidang penelitian FKPT, Mulawarman. Forum tersebut dalam naungan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

"Kita mau mengajak masyarakat untuk bersama-sama melawan segala bentuk yang berbau terorisme atau tidak ada lagi masyarakat yang melakukan tindakan radikalisme dan terorisme," kata Lukman Jafri, Ketua FKPT Jambi, di Merangin. Rabu.

Lukman, menjelaskan kegiatan ini selain bagian dari agenda FKPT Provinsi Jambi juga sebagai upaya pihaknya untuk secara bersama-sama masyarakat melawan hal tersebut, baik sebagai ideologi maupun tindakan.

Lukman berharap dengan adanya FGD ini,  diharapkan mampu menangkal paham radikalisme dan terorisme di provinsi ini. Tidak warga Jambi yang terlibat dalam gerakan-gerakan yang berbau terorisme dan radikalisme.

"Harapannya di Jambi dan termasuk Merangin, tidak orang atau kelompok yang terlibat, dan bersih baik secara orang maupun tindakan," ujar Lukman.

Lukman, mengungkapkan saat ini berdasarkan hasil penelitian pihaknya ditahun 2016 ini diketahui bahwa kabupaten Merangin berpotensi bagi tumbuh dan berkembangnya radikalisme dan terorisme.

Hal ini berdasarkan angka kategori dalam penelitian adalah sebesar 59,97 dibandingkan dengan nilai yang diharapkan, yakni 62,481 sampai dengan 81, 230 (tidak berpotensi).

"Kondisi Merangin, potensinya memang ada, terlebih lagi daerah ini termasuk wilayah perlintasan, tentunya dengan keterbukaan segala sistem yang masuk saat ini, juga menjadi salah satu faktor penyebabnya," Ungkapnya.

"Pengaruh proses adaptasi Masyarakat murni atau masyarakat asli dengan masyarakat pendatang dan Potensi pengaruh perilaku perekonomian baik legal maupun ilegal. Ada permasalahan, baik secara perekonomian maupun kebijakan lokal," Tambahnya.

Pada FGD kali ini, juga dihadiri dari setiap perwakilan tokoh masyarakat dan  adat di Kabupaten Merangin serta tokoh pemuda daerah setempat.


Pewarta: Warsun Arbain

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016