Jambi (ANTARA Jambi) - Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli menegaskan bahwa pancasila harus dipegang teguh dan diteruskan ke setiap generasi muda sebagai keyakinan kita akan faham negara Indonesia.

"Memang saat ini kita tidak melihat ancaman-ancaman komunis secara gamblang, tetapi saat ini lebih komplek kita harus hati-hati. Jangan sampai kita lengah dan bagaimana kita meneruskan paham Pancasila ini ke generasi yang akan datang," katanya di Jambi, Sabtu.

Usai menjadi Inspektur Upacara (Irup) peringatan hari Kesaktian Pancasila di halaman kantor gubernur Jambi itu, Zola mengatakan banyak anak-anak muda yang tidak tau apa itu Pancasila.

"Apalagi di jaman teknologi anak-anak tidak tau Pancasila itu seperti apa, kalau tidak tau ancaman ini akan masuk ke negara kita tanpa kita sadari. Nah ini harus dididik dan diberikan edukasi, sebab keyakinan kita dari awal sangat menentukan," katanya menjelaskan.

Menurut Zola hal ini tidak bisa dianggap sederhana, dengan adanya hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan setiap 1 Oktober itu tentu akan mengingatkan kepada kita pentingnya Pancasila.

"Kadang kita menganggap ini sederhana, tapi dengan adanya Kesaktian Pancasila tentu mengingatkan kepada kita penting nya Pancasila ini sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujarnya.

Dalam pelaksanaan upacara hari Kesaktian Pancasila tingkat Provinsi  Jambi itu juga diikuti Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston, Kapolda Jambi, Danrem 042/Gapu, seluruh SKPD diruang lingkup Provinsi Jambi dan peserta lainnya.

Di kesempatan itu, Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston bertindak sebagai pembaca teks Pancasila kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ikrar Pancasila.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016