Jambi (ANTARA Jambi) - Sebanyak 442 orang jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 16 atau kloter pertama asal Kota Jambi tiba di Asrama Haji Provinsi Jambi, yang kemudian kembali ke rumah masing-masing.

"Alhamdulillah jamaah haji asal Kota Jambi sudah tiba, proses pemulangannya lancar sesuai SOP dan bahkan lebih cepat dari rencana awal," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi M Thahir, Senin.

Sebanyak 442 jemaah haji dan ditambah lima petugas haji tersebut, tiba di Bandara Sultan Thaha Jambi pada pukul 16.00 WIB dengan menggunakan pesawat Sriwijaya Air setelah sebelumnya transit di Bandara Hang Nadim Batam.

"Total yang tiba pada kelompok terbang pertama ini jumlahnya 442 orang dan ditambah lima petugas PPIH," katanya.

Setelah keluar dari pesawat sejumlah jamaah haji melakukan sujud syukur dan bahkan menangis karena telah tiba dengan selamat.

Rombongan haji kloter 16 tersebut, kemudian langsung menuju Arama Haji provinsi setempat dan diberikan asupan makanan bergizi berupa bubur kacang hijau yang kemudian disambut oleh wakil gubernur Jambi.

Dari jumlah jamaah haji yang tiba tersebut, satu jamaah haji terpaksa tidak bisa dipulangkan bersama rombongan kloter 16 karena masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi.

"Satu jamaah haji atas nama Turiah Kormen Karim masih dirawat (Tanazul) dan setelah kondisinya memungkinkan akan dipulangkan melalui kloter berikutnya," katanya menjelaskan.

Sementara pantauan di ruas jalan di depan Asrama Haji, kondisi lalu lintas terjadi kemacetan akibat ratusan keluarga dari jamaah haji yang telah tiba itu berada di luar pagar, karena mereka ingin melihat secara langsung keluarganya dari tanah suci tersebut.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016