Jambi (ANTARA Jambi) - Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi V Carlusa menyatakan BI siap mendukung pemerintah Jambi untuk menggali sektor-sektor yang menjadi keunggulan daerah dalam upaya membangun industri domestik di daerah itu.

"Dari sisi spasial, pembangunan daerah perlu diselaraskan dengan kekhasan setiap daerah, terkait potensi yang dimiliki tiap daerah berbeda-beda," kata Carlusa dalam pertemuan tahunan Bank Indonesia pada salah satu hotel di Jambi, Kamis.

Menurutnya potensi dimiliki Jambi di antaranya industri maritim dan perkapalan, optimalisasi kapabilitas dan pengolahan industri perkebunan seperti kelapa sawit, karet dan kopi serta penguatan industri batu bara dan minyak bumi.

"Penguatan sektor maritim semakin bermakna jika industri kapal dan infrastruktur pelabuhan sebagai `enabler` dapat dipadukan dengan sebuah ekosistem kawasan ekonomi yang saling terkoneksi," katanya.

Sektor lain yang juga menjadi perhatian, kata Carlusa adalah pemanfaatan ekonomi digital karena dapat mendorong percepatan reformasi struktural.

Dimana ekonomi digital mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam dua dasawarsa terakhir. Hal ini menurutnya tergambar dari jumlah pengguna internet yang semakin bertambah dan nilai investasi dalam bidang telekomunikasi yang cukup tinggi terutama di Asia.

Menurut dia dari sektor internal perlu terus membangun industri domestik yang kuat sehingga saat ekonomi global bangkit, kita tetap menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Sedangkan dari sektor internal, kita perlu menyiapkan berbagai sektor unggulan yang berdaya saing di pasar global. Tentunya daya saing yang ditopang oleh produktifitas, bukan semata dari faktor nominal seperti nilai tukar," katanya.

Dia menambahkan adanya tantangan jangka pendek dan struktural tersebut menuntut semua kalangan untuk terus mencari strategi, yang secata simultan dapat mengoptimalkan potensi domestik yang ada sekaligus mereduksi berbagai tantangan yang masih mengemuka.



Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016