Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Kota Jambi sudah merancang dan akan membangun pusat kegiatan olahraga atau sport center di atas lahan seluas 24 hektare yang berlokasi di Kota Jambi untuk peningkatan prestasi para atlet kota ini.

Wali Kota Jambi Syarif Fasha, di Jambi, Jumat, mengatakan pihaknya sudah menyusun desain sprot center bertaraf internasional yang diperkirakan akan menelan dana lebih kurang Rp124 miliar.

Realisasi pembangunan sport center di Kota Jambi tersebut, berbagai upaya telah dan terus dilakukan oleh Wali Kota Jambi Fasha, agar Kota Jambi memiliki pusat olahraga yang bertaraf internasional seperti Jakabaring Palembang di Provinsi Sumatera Selatan.

Guna merealisasikan itu, APBD Pemkot Jambi belum tercukupi karena harus memikirkan pembangunan infrastruktur lainnya seperti gedung sekolah, jalan, dan rumah sakit serta air bersih.

Namun untuk pembangunan pusat olahraga yang diperkirakan menelan anggaran Rp124 miliar lebih itu, perlu waktu dan dukungan dari legislatif dan pemerintah pusat, kata Fasha.

Wali Kota Jambi juga menyatakan sudah berkoordinasi dengan pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan pemerintah pusat menyatakan mendukung dan membantu Pemkot Jambi mendapatkan dana dari APBN, pihak Kemenpora minta agar Pemkot Jambi menggelar event olahraga bertaraf nasional.

Kemenpora memberi respons, dengan syarat Pemkot Jambi harus bisa membuat event nasional seperti PON Remaja dan kegiatan sepak bola bertaraf nasional, baru nantinya pemerintah pusat bisa membantu anggaran dari APBN.

"Pemkot Jambi harus siap menggelar event nasional seperti PON Remaja atau turnamen sepak bola tingkat nasional, seperti U-19," kata Syarif Fasha kepada sejumlah wartawan, usai membuka rapat tahunan KONI Kota Jambi.


Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016