Jambi (ANTARA jambi) - Gubernur Jambi Zumi Zola menegaskan, lomba pacu perahu yang merupakan tradisi Provinsi Jambi harus dipertahankan sebab sudah menjadi agenda tahunan.

"Lomba pacu perahu ini sudah menjadi tradisi dan harus dipertahankan. Kalau memang ini bisa kita dorong menjadi lomba perahu di tingkat nasional, kenapa tidak. Kita sudah mengarah ke sana," katanya usai melepas peserta lomba pacu perahu di Sungai Batanghari dalam rangkaian HUT ke-60 Provinsi Jambi, Minggu.

Zola mengatakan lomba pacu perahu sudah menjadi tradisi dalam setiap perayaan ulang tahun Provinsi Jambi, bahkan dilaksanakan disetiap hari-hari besar.

"Saya dan pak Wagub sangat bersyukur, peserta lomba pacu perahu tahun ini lebih banyak daripada tahun sebelumnya. Artinya animo masyarakat semakin meningkat dan mudah-mudahan terus meningkat," ujarnya.

Zola juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berkenan untuk ikut memeriahkan lomba dengan menonton di kiri kanan sepanjang aliran sungai.

"Selain ada segi olahraga, lomba pacu perahu juga ada segi hiburannya. Masyarakat sangat banyak yang menyaksikannya. Mudah-mudahan ini memberikan sesuatu yang baik kepada masyarakat," katanya lagi.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Arief Munandar mengatakan, lomba pacu perahu ini diikuti 39 peserta yang merupakan perwakilan dari 11 kabupaten/kota di Jambi.

Peserta dibagi dengan tiga kategori. Yakni tipe A sembilan peserta, tipe B 23 peserta dan kategori perahu naga sebanyak tujuh peserta.

Arief mengatakan total hadiah yang diperebutkan sebanyak 81 juta plus piala yang akan di bagi dalam kategori yang diperlombakan.

Pantauan di lokasi, star lomba pacu perahu dimulai di kawasan Kelurahan Olak Kemang Seberang Kota Jambi dan finis di Tanggo Rajo (Ancol) Jambi, tepatnya di objek wisata Jembatan Pedestrian Gentala Arasy.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017