Jambi, Antarajambi.com - Pimpinan Universitas Jambi (Unja) yakni rektor, wakil rektor, dekan, kepala biro dan kepala humas turun langsung mensosialisasikan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017 ke 11 kabupaten/kota di Provinsi Jambi.

"Rektor, wakil rektor, kepala biro dan lainnya turun langsung melakukan sosialisasi SNMPTN ke daerah, salah satu targetnya agar Universitas Jambi bisa menerima sebanyak mungkin putra-putri Jambi melalui jalur SNMPTN," kata Kepala Humas Universitas Jambi Akbar Kurnia Putra di Jambi, Selasa.

Kegiatan program 'turun gunung' para pimpinan Unja itu berlangsung sejak Senin (30/1) hingga 6 Februari 2017. Kegiatan yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Nasional di masing-masing  kabupaten/kota itu fokus utamanya untuk memaksimalkan program SNMPTN 2017 sehingga seluruh sekolah SMA, SMK dan MA bisa mengaksesnya.

Materi utama dari program itu sosalisasi terkait tahapan pengisian Pangkalan Dasa Sekolah dan Siswa (PDSS) yang merupakan salah satu  persyaratan siswa mengikuti SNMPTN.Jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Penerimaan berdasarkan Prestasi Akademis (nilai raport) yang dilakukan secara Nasional.      

Seleksi ujian ini tidak berupa ujian tulis, melainkan berupa seleksi nilai raport. Program untuk S1 regular ini  diperuntukkan siswa dan siswi lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat tahun 2017. Siswa yang dapat diajukan untuk mengikuti program itu  adalah peserta UN  2017 yang berasal dari sekolah-sekolah yang telah memiliki NPSN dan mengikuti ketentuan yang ditetapkan Panitia pelaksana SNMPTN 2017.

"Saat ini sudah telah memasuki masa pengisian PDSS sejak 14 Januari dengan batas akhir 10 Februari 2017, sehingga sosialisasi dimaksimalkan sehingga tidak ada kendala lagi dari PDSS. Pendaftaran SNMPTN dimulai pada 21 Februari hingga 6 Maret 2017 setelah dilakukan verifikasi  PDSS," katanya. 

Sosialisasi pertama digelar di Muarasabak Kabupaten Tanjungjabung Timur. Selanjutnya kegiatan yang sama digelar marathon di sepuluh kabupaten/kota lainnya di Jambi. 

Menurut Akbar, universitas negeri satu-satunya di Jambi itu berharap bisa menampung sebanyak mungkin putra-putri Jambi melalui jalur SNMPTN itu.

"Unja memiliki program studi lengkap, dan kami berharap menjadi pilihan utama bagi putra-putri Jambi, dan bisa mengakomodasikan para lulusan sekolah menengah di provinsi ini," kata Akbar.

Pada penerimaan siswa baru tahun 2017 ini, Unja menyiapkan 6500-an kursi. Selain melalui program SNMPTN, juga melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)  dan sisanya  melalui jalur Ujian Masuk Bersama (UMB).

Sementara itu dari kegiatan sosialisasi hari pertama di Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) menurut Akbar, responnya cukup besar, dan pada kesempatan itu digunakan untuk menyampaikan komitmen perguruan tinggi itu untuk memberikan kesempatan bagi putra-putri Jambi melalui SNMPTN.

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017