Jambi, Antarajambi.com - PT PLN (Persero) Area Jambi memberikan subsidi kepada 24.000 pelanggan sambungan listrik di Kota Jambi karena masuk kategori masyarakat kurang mampu.

"24.000 pelanggan tersebut akan mendapatkan subsidi. Data tersebut sesuai hasil verifikasi Tim Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K)," kata Manager PLN Area Jambi Joni di Jambi, Kamis.

Jumlah itu merupakan data awal yang dikeluarkan TNP2K untuk direkomendasikan mendapat subsidi listrik.

"Dan pada saat prosesnya pasti ada `komplain` dari masyarakat ada yang merasa berhak mendapatkan dan ada yang merasa tidak berhak mendapatkan subsidi," katanya.

Joni mengatakan keluhan dapat diajukan masyarakat melalui Ketua RT yang kemudian diteruskan hingga ke tingkat kecamatan.

"Di tingkat kecamatan pelaporannya sifatnya menggunakan sistem daring, jadi laporan dari kecamatan itu langsung ke kementerian terkait," kata Joni.

Pelanggan listrik yang mendapat subsidi akan mendapatkan tarif sekitar 580 per-KWH.

Di Kota Jambi tercatat sebanyak 60.000 pelanggan sambungan listrik yang masuk pada golongan daya R-1 900 VA.

Dan dari jumlah tersebut setelah diverifikasi oleh TNP2K, sebanyak 36.000 sambungan yang sebelumnya disubsidi akan dicabut atau tarifnya akan dinaikkan secara bertahap.

"Yang 36.000 sambungan tersebut tidak lagi disubsidi dan akan mendapatkan kenaikan tarif listrik secara bertahap atau nanti tarifnya sama dengan tarif daya R-1 atau 1.300 VA," katanya menambahkan.


Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017