Jambi, Antarajambi.com - Universitas Jambi (Unja) menjamin transparansi dalam seleksi mahasiswa yang akan masuk universitas tersebut melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017.

"Proses seleksi dijamin bersih transparan dan nanti yang memberi perangkingan itu adalah dari panitia pusat," kata Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Muthalib di Jambi, Jumat.

Saat ini dalam proses seleksi tersebut telah memasuki masa pendaftaran SNMPTN yang dimulai pada 21 Februari hingga 6 Maret 2017.

Seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur SMNPTN ini, kata dia, menggunakan nilai rapor semester 1-5 dan juga termasuk piagam atau penghargaan prestasi yang diterima oleh siswa.

"Ada piagam internasional, nasional, regional dan paling rendah tingkat provinsi. Semua ada skornya yang menjadi salah satu pertimbangan" katanya.

Pada penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN tahun 2017 ini Universitas Jambi menyiapkan 35 persen kuota atau sekitar 2.275 mahasiswa dari daya tampung universitas yang saat ini sebanyak 7.000 orang mahasiswa.

Dalam proses pendaftaran tersebut, kata Muthalib, hingga saat ini sudah ada sekitar 913 calon mahasiswa yang mendaftar memilih kampus Universitas Jambi yang melalui jalur SNMPTN�

Dia mengatakan, ada 208 SMA dari 13 provinsi yang masuk ke Unja dan untuk pendaftar yang berasal dari luar provinsi paling banyak dari Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).�

"Selain Sumsel ada Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Jawa Barat dan Kalimantan Tengah juga ada yang ikut mendaftar ke Unja," katanya menjelaskan.

Saat ini Universitas Jambi memiliki 65 program studi strata satu (S1), delapan program studi diploma tiga (D3) dan dua program studi diploma empat (D4).

Mahasiswa yang terdaftar di Universitas Jambi pada semester ganjil TA 2016/2017 adalah sebanyak 25.372 mahasiswa.

Saat ini Universitas Jambi secara nasional menempati peringkat ke-30 dari perguruan tinggi di Indonesia.

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017