Merangin, Antarajambi.com - Kepala Puskesmas Bangko dr Syahrial menyatakan penyakit yang  perlu diwaspadai pasca banjir adalah penyakit leptospirosis yang ditularkan oleh hewan, terutama tikus.

"Penyakit dari bakteri leptospira ini, sering kali menyerang manusia saat musim hujan dan banjir. Penyakit ini menular melalui kotoran atau kencing tikus yang mengandung bakteri lepstopira saat terbawa air," kata dr Syahrial di Puskesmas Bangko, Selasa.

Selain itu orang yang memiliki luka dihimbau dr Syahrial, sebaiknya jangan bermain air saat banjir. Bila terpaksa harus masuk daerah banjir, pastikan untuk menggunakan pelindung, seperti sepatu bot.

Sebab bila luka tersebut terkena air yang sudah tercemar akibat banjir, maka potensi terinfeksi penyakit leptospirosis sangat tinggi. Untuk melakukan pencegahan penyakit ini, solusinya dengan menekan populasi tikus.

"Hindari tikus berkeliaran di sekitar tempat tinggal kita. Lebih penting lagi, jaga kebersihan di lingkungan kita, sehingga berbagai jenis penyakit pasca banjir akan terhindar," katanya menambahkan.

Pewarta: Warsun Arbain

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017