Kualatungkal,  Antarajambi.com- Musim gelombang laut tinggi yang terjadi sejak dua bulan terakhir mulai mengalami penurunan signifikan. Para nelayan dan pelaku usaha perairan dipersilahkan kembali melakukan kegiatan rutin baik dalam skala kecil maupun kegiatan berskala besar.

Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kuala Tungkal mencabut peringatan waspada yang sebelumnya digemborkan kepada nelayan dan para pelaku usaha di sekitar kawasan perairan Kuala Tungkal.

"Hasil pantauan BMKG pada hari ini menunjukan kondisi gelombang laut mulai normal. Secara otomatis peringatan waspada kita cabut," tutur Kepala unit KPLP KSOP Kuala Tungkal, Junaidi.

Lebih lanjut, kini tinggi gelombang laut di sekitar kawasan perairan Kuala Tungkal berada pada ketinggian 0,1- 0,7 meter. Penurunan gelombang juga disertai dengan menurunya kecepatan angin utara yang kembali normal.

"Gelombang rata-rata dibawah satu meter. Kecepatan angin juga sudah normal. Kondisi cuaca juga sudah tidak ekstrim, hanya perkiraan hujan lokal," lanjutnya. 

Meski kondisi mulai membaik, ditambahkan dia bahwa pihaknya tetap berjaga-jaga menjalankan patroli rutin untuk menjaga kawasan perairan steril dari ancaman bahaya.

"Pengawasan rutin tetap kita lakukan. Ini untuk menjaga kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan saja," katanya menambahkan.


Pewarta: Kenneta

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017