Jambi, Antarajambi.com - Dinas Pendidikan Provinsi Jambi menargetkan pembuatan soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk siswa tingkat SMA/SMK di provinsi itu tuntas pada 12 Maret 2017.

Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, M Tabri di Jambi, Kamis, mengatakan USBN tingkat SMA/SMK akan dilaksanakan tanggal 20-23 Maret 2017 mendatang.

Dimana 25 persen soal USBN dibuat oleh pusat dan 75 persen lainnya dibuat oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Provinsi Jambi, dan saat ini MGMP tersebut sedang mengikuti workshop dalam rangka membuat soal USBN.

"Ada empat paket soal yang dibuat, yakni dua paket utama, satu paket cadangan dan satu paket ujian susulan. Saat ini sedang berjalan, MGMP sedang workshop," kata Tabri.

Disebutkannya, anggota MGMP yang dipanggil untuk melakukan bimtek dan workshop pembuatan soal itu sebanyak 21 orang. Pembuatan soal sudah dimulai sejak tanggal 2 Maret dan targetnya tanggal 15 Maret paling lama soal itu sudah diserahkan ke masing-masing sekolah.

Bentuk soal yang diserahkan ke sekolah berbentuk master atau soft copy. Kemudian sekolah akan mencetak dan memperbanyak sendiri soal yang akan diujikan.

"Mereka bisa mencetak dan memperbanyak sendiri soal itu menggunakan dana BOS," katanya menjelaskan.

Menurutnya, untuk mata pelajaran yang akan diujikan di USBN adalah tiga mata pelajaran wajib di UN dan semua mata pelajaran pilihan berdasarkan jurusan. Nilai ini menurutnya berpengaruh dengan kelulusan siswa, namun tetap ditentukan oleh masing-masing sekolah itu sendiri.

Seperti diketahui, jadwal pelaksanaan USBN untuk tingkat SMA/SMK dilaksanakan pada 20-23 Maret. Sementara UN baik UNBK maupun UN kertas SMK dilaksanakan pada 3-6 April 2017 dan SMA pada 10-13 April 2017.

Kemudian untuk jenjang SMP sederajat, USBN dilaksanakan pada 17-19 April. Sedangkan UN SMP dilaksanakan pada bulan Mei.

Sementara bagi siswa yang tidak bisa mengikuti USBN pada jadwal yang telah ditetapkan, bisa mengikuti USBN susulan. Jadwalnya seminggu setelah pelaksanaanUSBN. USBN susulan diperuntukkan bagi siswa yang sakit atau memiliki alasan kuat untuk tidak mengikutiUSBN.

"Jadwalnya untuk SMA/SMK pada 27-31 Maret 2017. Sementara untuk SMP USBN susulan tanggal 25-27 April 2017," kata Tabru menambahkan.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017