Jambi, Antarajambi.com - Kerajinan, cenderamata dan kain batik Jambi mendominasi pusat penjualan oleh-oleh Dekranasda provinsi itu yang berlokasi di jalur menuju Bandara Sultan Thaha Saifuddin tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman Kota Jambi.

Di ruangan pamer gedung itu terpajang berbagai kerajinan produk industri kecil dan menengah yang disediakan bagi pengunjung seperti produk kriya, kerajinan perhiasan, kerajinan batu khas, batik, songket hingga kerajinan anyaman.

Sekilas gedung berlantai tiga itu lebih sepi pengunjung dibandingkan dengan toko-toko di kawasan itu, namun bagian ruang pajang itu menjanjikan aneka cenderamata dan oleh-oleh khas daerah itu.

"Fasilitas ini dikelola oleh Dekranasda dan Dinas Industri dan Perdagangan Jambi," kata salah seorang petugas penjualan di gedung itu.

Lokasi pusat penjualan oleh-oleh itu sekitar tiga kilometer dari Bandara Sultan Thaha Jambi. Selain di tempat itu, juga ada Artshop "Kembang Sari" di bandara yang merupakan gerbang masuk keprovinsi itu.

Dari sekian banyak produk, pakaian dan kain batik khas Jambi lebih mendominasi. Batik jabi mempunyai motif khas dan didesain dari potensi alam yang ada seperti motif yang berasal dari tanaman dan tatanan kehidupan masyaraakt Jambi sehari-hari seperti motif bungo pauh, tulisan kuno Kerinci, kapal sanggat, perahu kajang lako, angso duo dan lainnya.

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017