Kualatungkal, Antarajambi.com - Beroperasinya kapal besar KMP Muria di pelabuhan Roro Kualatungkal yang perdana berlayar sejak Selasa (21/3) kemarin untuk Rute Kualatungkal-Dabo Singkep dipastikan tidak berpengaruh pada perusahaan kapal lainnya yang sudah lama beroperasi di Tanjabbar seperti Kapal KMP Marina Srikandi dan KMP Kurnia.

Hal itu disampaikan Kepala LASDP Pelabuhan dan Sungai Kualatungkal, M Manalu dengan beroperasinya Pelabuhan Roro bersama KMP Muria tidak berdampak negatif bagi kapal lainnya yang sudah lama beroperasi di daerah itu seperti KMP Marina dan KMP Kurnia.

"Ini tidak ada pengaruhnya dengan kapal lain yang sudah lama beroperasi, karena Kapal Roro merupakan kapal angkutan barang atau kendaraan. Serta mempermudah kerjasama untuk mengekspor hasil bumi kita ke Provinsi Kepulauan Riau," kata Manalu di Kualatungkal.

Selain itu dijelaskannya, jika kecepatan Kapal Roro jauh lebih lambat dibandingkan Kapal biasa yang sudah lama beroperasi.

"Untuk itu kalau di segi angkutan orang tidak akan berpengaruh karena rata-rata penumpang mencari akses yang lebih cepat. Jika Roro harus menempuh jalur laut sekitar 19 jam yaitu 9 jam dari Tungkal ke Dabo dan sekitar 10 jam transit dari Dabo ke Batam. Sementara kapal marina hanya 5-6 jam perjalanan dari Tungkal lansung menuju Batam, tergantung stabilnya arus," jelasnya.

Sementara Bupati Tanjabbar, Dr Ir H Safrial MS menyatakan beroperasinya Kapal Roro bertujuan untuk mempermudah kerjasama antara Provinsi Jambi dan Kepulauan Riau khususnya Kabupaten Tanjabbar dan Kerinci yang telah mengadakan MoU dengan Pemkot Batam beberapa waktu lalu.

"Dengan operasinya Kapal Roro ini kita lebih mudah mengangkut barang kita ke Batam seperti hasil pertanian Kopi Leberika Tungkal, kelapa dalam, pinang, karet serta jenis makanan laut seperti kerang, Udang dan kepiting. Begitupun hasil perkebunan dari Kabupaten lain seperti Kerinci yaitu sayur-sayuran, beras dan lainnya," terang Bupati.

Hal senada juga diungkapkan Ketua DPRD Tanjab Barat, Faizal Riza ST MM bahwa dari segi penumpang orang, kapal Roro tidak mempengaruhi penumpang kapal lain karena waktu tempuhnya.

"Itu tidak berpengaruh, bahkan dengan operasingan pelabuhan Roro ini merupakan hal yang bagus untuk mempererat kerjasama antar provinsi Jambi dengan daerah tetangga yang berbatasan laut seperti kepulauan Riau," tandas Icol, sapaan akrab Ketua DPRD itu menambahkan. 

Pewarta: Kenneta

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017