Jambi, Antarajambi.com - Harga cabai di pasar induk tradisional di Jamb menurun hingga 11 persen karena bertambahnya pasokan di pasar-pasar tersebut.

Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi Melahani, di Jambi, Jumat, mengatakan penurunan harga cabai terjadi di tiga pasar induk tradisional, yakni Pasar Angsoduo, Simpang Pulai, dan Talang Banjar.

"Berdasarkan hasil monotoring harga rata-rata kebutuhan pokok masyarakat oleh Disperindag Jumat, beberapa komoditi mengalami penurunan harga, dan harga cabai saat ini bisa dikatakan stabil," kata Melahani.

Ia mengatakan di Pasar Induk Angsoduo harga cabai merah besar mengalami penurunan harga dari Rp18 ribu menjadi Rp16 ribu per kilogram atau mengalami penurunan sebesar 11 persen.

Cabai merah keriting juga mengalami penurunan harga dari Rp20 ribu menjadi Rp18 ribu per kilogram atau turun 10 persen dari satu hari sebelumnya disebabkan bertambahnya pasokan.

Melahani mengatakan, kondisi yang sama juga terjadi di Pasar Tradisional Simpang Pulai dan Talang Banjar isebabkan bertambahnya pasokan.

Di tiga pasar tradisonal di Jambi itu komoditi bawang merah mengalami penurunan harga dari Rp28 ribu menjadi Rp24 ribu per kilogram atau mengalami penurunan harga sebesar Rp4.000 dari satu hari sebelumnya karena pasokan bertambah.

Namun kebutuhan masyarakat yang mengalami kenaikan yakni daging ayam broiler dari Rp28 ribu menjadi Rp29 ribu per kilogram atau mengalami kenaikan 4 persen lebih dari satu hari sebelumnya.

"Harga daging ayam broiler mengalami kenaikan disebabkan berkurangnya pasokan ke pasar-pasar tersebut," kata Melahani.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017