Jambi, Antarajambi.com - Seorang mahasiswa tidak boleh puas hanya meraih prestasi akademis tapi juga harus bisa melakukan aktualisasi diri dengan memiliki keunggulan di sektor lain atau nonakademis, kata Rektor Universitas Jambi Prof H Johni Najwan di Jambi, Kamis.

"Seorang mahasiswa memang harus memiliki prestasi akademis, namun sebagai calon pemimpin juga harus pandai melakukan aktualisasi diri dan berprestasi di bidang lain yang bermanfaat bagi masyarakat luas," kata Johni Najwan di sela-sela Penutupan MTQ Mahasiswa Unja 2017.

Ia mengatakan, kampusnya mengapresiasi mahasiswa yang mampu memberikan prestasi baik prestasi akademis maupun nonakademis. Salah satunya mampu berprestasi pada kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).

Kemampuan meraih prestasi pada kedua sektor tersebut, menurut dia menunjukkan kapasitas seseorang dalam kelompok atau masyarakat sekitarnya.

Pada kesempatan itu Rektor Universitas Jambi  perhelatan MTQ Mahasiswa Unja 2017 di Balairung Kampus Pinang Masak sekaligus menyerahkan Piala Bergilir Rektor Unja kepada kafilah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang tampil sebagai Juara Umum MTQ Mahasiswa Unja 2017.
 
Selain itu diserahkan pula piala kepada para juara pada masing-masing kategori  Tilawatil Quran, hifzil Quran 1 juz, 5 juz dan 10 juz. Kemudian syahril Quran, khattil Quran, tartil Quran, fahmil Quran, debat Bahasa Arab, Debat Bahasa Inggris, qiroat sab'ah, karua ilmiah Quran dan desain aplikasi Al-Quran.

Para  juara juga unjuk kemampuan mereka di hadapan undangan yang hadir pada penutupan kegiatan tersebut sekaligus menjadi puncak dari rangkaian kegiatan kerohanian itu.

Selain FKIP yang meraih juara umum MTQ Mahasiswa Unja 2017 dengan nilai 48, juara kedua diraih oleh Fakultas Ilmu Budaya dengan nilai 47 dan peringkat ketiga Fakultas Sospol dengan nilai 22.

Pada kesempatan itu, Rektor  Unja mendukung pelaksanaan MTQ Mahasiswa digelar setahun sekali sekaligus menjadi agenda rutin di kampus itu sekaligus dalam rangka pembinaan prestasi ke jenjang nasional.

"Kegiatan ini tidak perlu menunggu kalender dua tahunan MTQ Mahasiswa Nasional, kita mendahului menjadi agenda rutin tahunan," katanya.

Sementara itu Ketua Panitia MTQ Mahasiswa Unja 2017, Amin Qadri menyebutkan antusiasme peserta cukup besar dengan total peserta mencapai 340 orang dari seluruh fakultas di perguruan tinggi itu.

Ia menyebutkan para juara mendapat apresiasi, juga para penyelenggara mendapat apresiasi dari Rektor Unja. Kegiatan itu merupakan persiapan Unja menuju MTQ Mahasiswa Nasional 2017 yang akan digelar di Malang, Jawa Timur, Agustus mendatang.

Para juara akan berkesempatan menjadi kafilah Unja di ajang itu, setelah terlebih dahulu mengikuti pembinaan. "Khusus untuk juara di kategori perseorangan mereka sudah dipastikan mewakili di tingkat nasional, untuk beregu kita akan memperkuat mereka sehingga lebih siap berkompetisi," kata Amin Qodri menambahkan.


Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017