Kualatungkal, Antarajambi.com - Bupati Tanjabbar H Safrial membuka  Sosialisasi Ketaspenan dan Bank Mandiri Taspen Pos bagi para Pensiun Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar).

"Saya sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini, bagi para ASN yang memasuki masa pensiun adalah masa yang tidak boleh ditakuti, apapun jabatan kita tentunya akan sampai dmana kita harus rela melepas sebagian dari regenerasi dan siklus kehidupan ASN," kata Bupati Safrial, di Kualatungkal.

Bupati juga mengatakan Pemkab Tanjabbar telah memberikan TKD kepada para ASN. 

"Gunakan sebaik mungkin, harapan saya minimal pensiunan ASN ini ada rumah tempat tinggal yang telah dimiliki. Meskipun tipenya kecil," katanya.

Bagi para ASN diharapkan Safrial untuk mempersiapkan jaminan masa pensiun dari sekarang. Gunakan uang gaji atau pinjaman ke bank untuk hal hal yang baik di masa pensiun, misalnya belikan tanah, kebun pinang, sawit atau bagi yang hobi berdagang belikan rumah. 

Bupati berpesan kepada para ASN yang akan memasuki masa pensiun Dalam prinsip ekonomi, Tunda komsumsi sekarang untuk komsumsi masa depan .

"Gunakan TKD Sebaik-baiknya minimal pensiun punya rumah sederhana, minimal kita harus punya itu rumah RSSS, Kalau kita sudah pensiun, kita nyaman. Bagi yang tidak siap pensiun ini menjadi masalah," kata Safrial.

Bupati Juga menghimbau kepada ASN untuk tidak menggadai SK ASN ke bank hanya untuk keperluan sesaat seperti membeli mobil, namun direkomendasikan untuk membeli tanah dan kebun, atau berdagang.

Taspen adalah perusahaan yang mengelola pensiun dan menyalurkan gaji para pensiunan aparatur sipil negara, untuk mempermudah untuk memperlancar proses penyaluran pensiunan.

PT Taspen bekerja sama dengan PT Pos Indonesia dan PT Bank Mandiri dengan mendirikan bank yang disebut Bank Mantap yang akan membantu penyaluran hak-hak pensiunan sekaligus memberikan kemudahan para pensiunan untuk usaha dalam peminjaman selama pensiun. 

Pewarta: Kenneta

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017