Cibubur, Antarajambi.com - Sebanyak 150 pemuda dan pemudi perwakilandari sejumlah provinsi di Indonesia mengikuti kegiatan Pesantren Kilat (Sanlat) Kebangsaan 2017 dilaksanakan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Sanlat Kebangsaan berlangsung di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PP PON), Cibubur, Jakarta Timur, Minggu malam dibuka oleh Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, Kemenpora, Faisal Abdullah.

Dengan mengangkat tema "Melalui Pesantren Kilat Pemuda Kita Kokohkan Pancasila Sebagai Pemersatu Bangsa" dalam rangka dukungan fasilitas pelatihan revolusi mental bagi Pemuda.

Pesantren dijadwalkan berlangsung selama empat hari dari tanggal 11 dan ditutup 14 Juni 2017.

"Sanlat Kebangsaan ini memasuki tahun kedua. Sesuai arahan Kemenpora, pada pelaksanaan tahun 2016 meminta perlu dilaksanakan Santlat setiap tahun karena pentingnya penanaman nilai-nilai kebangsaan pada pemuda," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda PP PON, Dwi Agus Susilo, mewakili Kepala PPPON Kemenpora Henry Ridwan.

Menurut Dwi tema Sanlat Kebangsaan sangat relevan dengan kondisi bangsa saat ini. Sebagai respon maraknya intoleransi, radikalisasi, sehingga selaras dengan keinginan Menpora agar Pancasila diamalkan dan ipedomani oleh pemuda Indonesai.

"Bulan Juni ini juga hari lahirnya Pancasila, Sanlat ini juga ntuk memperkuat slogan 'Saya Indonesia, Saya Pancasila'," katanya.

"Pancasila sebagai rujukan nilai dan alat pemersatu bangsa jadi slogan yang meresap ke sanubari para pemuda," katanya.

Dwi mengatakan peserta Sanlat datang dari sejumlah wilayah di antaranya Jabodetabek, Banten, Solo dan Provinsi Lampung.

"Peserta berasal dari berbagai latar belakang, mulai siswa, santri, mahasiswa dan penggerak organisasi kepemudan," kata Dwi.

Sanlat menghadirkan sejumlah narasumber salah satunya yang akan  hadir sebagai pembicara Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa pada Selasa (13/6) yang diharapkan memotivasi pemuda untuk mencintai Tanah
Air dan mengamalkan Pancasila.

Sanlat Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Kemepora bekerja sama dengan Biro Utama Penyangga Jakarta LKBN Antara, dan Yayasan At-Tawassuth juga didukung sejumlah mitra di antaranya, Indocement,
TSI, Unitex, Alfamart, PCNU Kota Bogor dan APRIL.

Pewarta: Laily Rachmawati

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017