Jambi, Antarajambi.com - Persatuan Wartawan Indonesia dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia Jambi memberikan tali kasih kepada para janda pewarta yang digelar pada silaturahim di Sekretariat PWI Jambi di Kota Baru, Kota Jambi.

"Tali kasih ini sebagai bentuk solidaritas dan penghargaan kami kepada rekan pewarta yang telah mendahului kita semua. Semasa hidupnya suami mereka memberikan sumbangsihnya di bidang jurnalistik untuk Jambi," kata Ketua PWI Provinsi Jambi Saman di Jambi, Minggu.

Penyerahan tali kasih tersebut dilakukan pada acara halal bil halal keluarga besar PWI Jambi pada Sabtu (15/7) yang dihadiri oleh seratusan pesertanya.

Suasana haru sempat mewarnai acara penyerahan tali kasih itu. Para janda pewarta itu tak kuasa menahan  isak tangis dan air mata haru saat menerima tanda  solidaritas dari insan pers itu.

Salah seorang penerima tali kasih menyatakan tidak bisa berkata-kata dan merasa terharu dengan perhatian itu, kendati suaminya telah meninggal dunia.

"Saya berterima kasih kepada PWI Jambi," katanya singkat.

Acara silaturahim insan pers Jambi yang sempat diwarnai hujan gerimis itu juga sebagai ajang konsolidasi dan silaturahim setelah terbentuk serta dilantiknya kepengurusan PWI Jambi periode 2017-2022.

Ketua PWI Jambi, Saman menyatakan komitmennya untuk mendorong dan meningkatkan kapasitas serta peran jurnalis di provinsi itu dengan bahu-membahu dengan perhimpunan jurnalis lainnya seperti dengan Asosiasi Jurnalis Independen (AJI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI).

"Kami berharap para jurnalis bisa memberikan kerya dan sumbangsih terbaiknya, kami siap berkerjasama dan berkolaborasi dengan organisasi lainnya untuk kemajuan jurnalis di Jambi ini," kata Saman.

Pada kesempatan itu, ia menegaskan programnya untuk menjadi bagian dalam upaya memberikan pencerahan kepada publik dengan berita-berita berbobot dan mencerahkan pada saat derasnya arus informasi di media sosial.

"Tidak semua  informasi di media sosial itu negatif, namun di sisi lain masyarakat perlu lebih bijak dalam mencerna sebuah informasi," kata Saman.

Pada kesempatan itu juga dilakukan sosialisasi keanggotaan PWI serta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang merupakan salah satu prasyarat yang harus dimiliki oleh para pewarta.
     

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017