Jambi, Antarajambi.com - Dua kecamatan di Kabupaten Batanghari yakni Kecamatan Bajubang dan Pemayung kembali mendapat Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang jumlahnya mencapai 251 rumah untuk warga miskin. 

" Program pusat berupa BSPS telah berlangsung sejak Maret 2017. Saat ini progres pelaksanaan sudah mencapai 60 persen. Untuk Kecamatan Bajubang 91 rumah, yang terbagi di Kelurahan Bajubang 24 unit, Kelurahan Ladang Peris 31 unit dan Penerokan 36 unit,” kata Mashuri, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Batanghari, Rabu.

Ia mengatakan, untuk Kecamatan Pemayung ada 160 Rumah. Antara lain Desa Lubuk Ruso 28 unit, Desa Serasah 31 unit, Desa Teluk 69 unit, dan Desa Ture 32 unit.

Ia menjelaskan, mengapa hanya dua Kecamatan tersebut yang dapat merasakan program BSPS dari pusat, pihaknya beberapa waktu lalu sudah mengajukan seluruh kecamatan, namun hanya dua kecamatan saja yang lolos.

"Kita sudah serahkan data ke pusat, tapi hanya dua kecamatan tersebut yang lolos. Untuk diketahui saat ini di Bajubang yang banyak rumah tak layak," ujarnya.

Bahkan, pada kategori penilaian itu ada yang Atap Lantai Dinsing (ALD), kemudian Peningkatan Kualitas (PK), dan pembangunan baru (PB). Untuk diketahui, 1 unit rumah yang mendapatkan program BSPS bernilai Rp 15 juta. 

" Namun tidak dibayarkan menggunakan uang, melainkan dibayarkan dengan memakai bahan material bangunan yang akan dipakai untuk menunjang program BSPS Jadi total itu sekitar Rp3 Miliar lebih dari APBN murni, pemberiannya dalam bentuk ahan material seharga Rp15 juta. Sementara untuk pekerjanya itu dari dana swadaya,” kata Mashuri. 

Pewarta: Heriyanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017