Jambi, Antarajambi.com - Pemerintah Kabupaten Sarolangun Provinsi melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) menyiapkan lebih kurang 600 ekor hewan Qurban untuk memenuhi kebutuhan masyarakat daerah itu saat hari Raya Idul Adha tahun ini.

"Pemerintah menyiapkan lebih kurang 600 ekor hewan Qurban, dengan rincian kerbau lebih 200 ekor, sapi 200 ekor dan kambing lebih kurang 200 ekor," kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sarolangun, Asnawi di Sarolangun, Senin.

Ia mengatakan Hewan kurban yang sudah dipersiapkan oleh pemkab tersebut sebagian besar berasal dari peternak lokal dan sebagian lagi didatangkan pedagang dari daerah lain.

"Namun untuk harga, tidak terjadi kenaikan yang signifikan. Untuk harga sapi qurban masih sama dengan tahun lalu, berada di kisaran Rp 12 juta per ekor sampai dengan Rp 16 juta per ekor, tergantung beratnya," katanya.

Ia menjelaskan untuk harga kerbau qurban berada diatas harga sapi. Sementara harga kambing kurban berada di kisaran Rp2 juta per ekor sampai Rp3juta per  ekor.

"Harga relatif. Tergantung bobot hewan kurban, yang jelas tidak terlalu mahal dibanding tahun sebelumnya," kata Asnawi.

Sementara itu untuk memastikan kondisi kesehatan hewan tersebut, pihaknya sudah berkordinasi dengan pihak dinas kesehatan setempat untuk menurunkan dokter hewan agar melakukan pemeriksaan.

"Untuk mengantisipasi dampak penyakit hewan yang menular pada manusia, kita akan menurunkan tim dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban," katanya menambahkan.

Pewarta: Warsun Arbain

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017