Jambi, Antarajambi.com - Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan jika serapan anggaran di tiap organisasi perangkat daerah (OPD) provinsi itu kecil atau tidak mencapai target 95 persen hingga akhir tahun, maka pimpinan instansi tersebut akan dievaluasi.

"Tidak ada alasan bagi OPD untuk tidak bisa mengejar target yang ditetapkan, sebab hingga kini progres pekerjaan-pekerjaan tinggal mempoles saja," katanya usai coffee morning bersama para jurnalis di kediaman dinasnya, Rabu.

Zola mencontohkan di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), hingga kini serapan anggaran baru sekitar 40 persen, sementara waktu pengerjaan kurang dari empat bulan.

"Sekarang di Dinas PUPR pekerjaannya tidak begitu berat lagi, saya rasa bisa terkejar. Bahkan Pelaksana Tugas (Plt) Kadis PUPR-nya optimistis mencapai target hingga 95 persen," katanya.

Zola juga mengungkapkan bahwa dirinya bersama wakil gubernur terus memantau kondisi di lapangan. Berdasarkan pantauannya progres proyek-proyek infrastruktur sudah sangat bagus dan pengerjaan tidak begitu besar.

Sementara itu, Plt Kadis PUPR Provinsi Jambi, Arpan mengakui jika serapan anggaran di instansi yang dipimpinnya belum mencapai 50 persen. Meski demikian dirinya yakin dan optimistis jika pekerjaan dan serapan anggaran mampu sesuai target, bahkan di atas target yang ditentukan gubernur.

Menurutnya waktu kurang dari empat bulan yang tersisa bukan menjadi hambatan bagi mereka, sebab di lapangan pekerjaan tinggal proses yang tidak sulit lagi.

"Kalau pembangunan jalan pondasinya sudah, tinggal aspalnya saja. Dalan satu hari kita bisa mengaspal tiga kilometer. Karena itu saya optimistis ini sesuai target," tegasnya.

Arpan juga mengungkapkan Dinas PUPR saat ini memiliki satgas yang memperbarui laporan hasil progres pekerjaan setiap satu minggu sekali dan administrasi termin yang biasa prosesnya panjang dan rumit, akan dipermudah.

Sebelumnya Gubernur Jambi Zumi Zola mengadakan silaturahim bersama jurnalis dari media cetak, elektronik, online dan radio. Silaturahim yang dikemas dengan coffee morning itu hanya membahas satu tema yaitu progres Dinas PUPR di tahun 2017.

Kepala Biro Humas Pemprov Jambi Johansyah menyebut bahwa coffee morning yang dilakukan ini memang agak berbeda dengan sebelumnya.

Dijelaskannya, saat ini pemprov punya banyak program dan bagian, sementara jika dikebut dalam satu kali saja, tidak akan optimal. Dan direncanakan coffee morning ini tidak hanya dilakukan satu kali, namun akan berkelanjutan dalam satu bulan sekali.

"Hari ini kita bahas soal PU dulu, bulan depan temanya berbeda lagi," kata Johansyah.

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017