Jambi, Antarajambi.com - Bupati Muaro Jambi Masnah Busro menyatakan terobosan pelatihan pertanian melalui  Sekolah  Lapangan Iklim (SLI) yang digagas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Jambi menjadi inspirasi yang mendorong motivasi  bagi para petani di daerah itu.

"Saya melihat terobosan melalui upaya Sekolah Lapangan Iklim harus menjadi inspirasi bagi para petani untuk meningkatkan produktifitas dengan berpatokan kepada iklim lokal," kata Masnah Busro di Sengeti, Rabu.
   
Ia menyatakan komitmen mendukung upaya peningkatan sektor pertanian di wilayah itu, termasuk bersinergi dengan berbagai pihak yang kompeten.

Bupati menyatakan keinginan itu seiring tingginya semangat para petani lokal yang kini terus berbenah diri memahami ilmu bercocok tanam yang baik.

Sebelumnya dilakukan panen raya  pertanian Sekolah Lapangan Iklim di Desa Pematang Pulai Kecamatan Sekernan, juga dilangsungkan di Desa Berembang, Pematang Pulai dan Desa Kayu Aro.

"Iklim sangat berpengaruh terhadap sektor pertanian, sinergitas dengan stakeholder terkait dalam hal ini BMKG sangat strategis. Mereka memberikan panduan musim di kawasan, terutama untuk prediksi kemarau dan hujan serta menghindari rendaman banjir," kata Masnah.

Ia menyebutkan, petanian di Kabupaten Muaro Jambi sangat tergantung dengan DAS Batanghari termasuk karakter tanahnya. Menurut dia potensi pertanian cukup besar di daerah itu sehingga Pemkab Muaro Jambi terus mendukung pengembangan dan pembangunan sektor pertanian. (Humas)


Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017