Jambi, Antarajambi.com - Ribuan pelajar di Kabupaten Batanghari dari tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga sekolah menengah pertama pada Oktober 2017 akan menerima besiswa dari pemerintah daerah setempat. 

"Awal Oktober bea siswa Pemerintah Kabupaten Batanghari akan menyalurkan bagi siswa berprestasi dan bagi siswa yang kurang mampu," kata  Kepala Badan Keuangan Daerah Batanghari M Azan di Batanghari, Sabtu. 

Bea siswa yang diberikan melalui Badan Keuangan Daerah tersebut merupakan bea siswa yang diperuntukan bagi pelajar-pelajar yang berprestasi di tingkat sekolah hingga tingkat nasional. Tidak hanya bea siswa prestasi, namun Pemkab Batanghari juga akan salurkan besiswa bagi siswa yang kurang mampu. 

Dijelaskan M Azan, bea siswa tersebut diberikan bertujuan untuk membantu dan meningkatkan mutu siswa selama menuntaskan pendidikan. Diharapkan anggaran dana sebesar Rp1,3 milyar yang bersumber dari dana APB tersebut dapat membantu beban orang tua dalam menyekolahkan anak-anaknya. 

"Sasaran utamanya siswa yang menerima program KBS dari Pemkab Batanghari dan KIS dari pemerintah pusat. Nantinya setiap siswa akan menerima uang tunai mulai Rp350 ribu dan hingga  Rp750 ribu sesuai dengan kategori bea siswa yang di terimanya," kata M Azan. 
 
Ada sekitar 2.500 siswa di tingkat PAUD, taman kanak-kanak, siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menegah Pertama di delapan kecamatan dalam wilayah Kabupaten Batanghari yang akan menerima besiswa tersebut. 

Sementara itu untuk proses penyaluran beasiswa tersebut, saat ini masih dalam tahap proses melengkapi data administrasi. 

"Kita masih melengkapi data administrasi dan menyusun Peraturan Bupati, akhir September ini kita perkirakan proses tersebut selesai dilaksanakan," katanya menambahkan.

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017