Jambi, Antarajambi.com - Keindahan seni ukir kayu jati Jepara jenis perabotan diterus berkembang di Jambi dan sampai saat ini masih cukup diminati oleh warga Kota Jambi dan beberapa kabupaten dalam Provinsi Jambi.

"Saat ini permintaan dan pesanan untuk perabotan ukir jati Jepara masih cukup tinggi khususnya warga Kota Jambi dan warga Muaro Bungo Kabupaten Bungo," kata Pegadang perabotan ukir jati Jepara yang terletak di Cempaka Putih, Jelutung, Kota Jambi, Feri, Jumat.

Ukiran perabot kayu jati yang berada di jalan Bafadhal Kelurahan Cepaka Putih, Kecamatan Jelutung, RT 22, Kota Jambi diolah oleh pengrajin terampil yang menggunakan unsur seni dan keindahan dalam proses pembuatannya dilakukan dengan penuh teliti, serius dan kesabaran yang tinggi sehingga menarik minat konsumen untuk memilikinya.

Feri mengakui dirinya memperoleh pengalaman beberapa puluhan tahun dari orang tuanya dan bermodalkan pengalaman yang di dapatinya dan dia terus melanjutkan seni ukir itu dengan membeli kayu yang di beli dari Jawa Tengah dengan jenis kayu jati untuk diolah kembali untuk perabotan berupa kursi, meja dan lemari.

Ternyata usahanya menarik perhatian masyarakat sekitarnya, sehingga tetangga dan kerabatnyapun ikut membuat kerajinan kayu ukir jati jepara tersebut.

Pengrajin ukiran kayu jati Jepara tersebut juga memasarkan hasil produksinya di media online agar barang produknya dapat di beli dan berharap kepada pemerintah setempat agar dapat membantu dalam pemodalan dan peralatannya.

Sebagaimana bahan baku merupakan salah satu unsur yang sangat menentukan kualitas suatu produk, sehingga untuk menghasilkan produk kerajinan kayu juga memerlukan bahan baku berkualitas.

Untuk bahan baku kerajinan kayu itu harus bahan kayu yang mempunyai serat dan tingkat kuwalitas yang baik, guna memenuhi kebutuhan pesanan yang selama dipercaya oleh warga Jambi.

Harga yang dijualnya seperti kursi,meja,lemari serta perabotan lainnya, dihargai paling murah Rp2 jutaan dan termahal bisa mencapai puluhan juta rupiah dan peminatnya biasanya datang untuk memesan motifnya sendiri.


Pewarta: Dedy

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017