Jambi, Antarajambi.com - Festival Qasidah Rebana Kota Jambi menjadi ajang pewarisan budaya dan kearifan lokal di Tanah Melayu sekaligus memunculkan talenta muda dalam pengembangan seni musik tersebut.

"Kaum muda Jambi perlu memelihara budaya Islam, kearifan lokal tanah Melayu di sini.  Qasidah rebana sarat dengan pesan-pesan religi dan itu positif bagi generasi muda agar terhindar dari hal-hal negatif," kata Ketua Tim Penggerak PKK Kota Jambi, Hj Yuliana Fasha di Jambi, Selasa.

Festival Rebana Kota Jambi tersebut selain mengembangkan seni juga sebagai media dakwah kepada masyarakat, khususnya bagi muslim. 

Kegiatan yang digelar sejak Senin (6/11) tersebut dipusatkan di halaman Balai Kota Jambi di kawasan Kota Baru Kota Jambi. Lokasi itu juga sebelumnya juga menjadi tempat diselengarakannya Festival Anak Sholeh tingkat Provinsi Jambi.
 
Antusiasme peserta Festival Rebana Kota Jambi cukup tinggi, dengan keikutsertaa ratusan peserta dan grup qasidah rebana dari sejumlah daerah di kota itu.

Yuliana Fasha yang juga istri Wali Kota Jambi Syarif Fasha itu  menyebutkan, festival rebana itu mengandung pesan moral yang disampaikan melalui syiar dan irama. Salah satu tujuannya untuk membendung kemerosotan akhlak dan moral generasi muda saat ini.



Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017